Cara Tepat Berpergian Nyaman dan Aman dengan Pesawat

0
891 views


Bepergian menggunakan pesawat terbang mungkin menjadi hal yang biasa atau lumrah untuk sebagian orang, namun tak sedikit juga orang yang memiliki rasa kecemasan dan kekhawatiran bila naik moda transportasi yang satu ini.

Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Pesan tiket mudah dengan aplikasi travel online.

Sudah tak jaman rasanya bila Anda menenteng-nenteng tiket pesawat dalam bentuk kertas. Justru hal seperti ini memungkinkan tiket Anda hilang atau terselip. Jika itu terjadi, Anda akan mengalami kesulitan menjelang keberangkatan. Solusi terbaiknya adalah pesan tiket penerbangan menggunakan aplikasi travel online seperti Traveloka App. Anda tidak perlu mencetak tiket pesawat yang telah dibeli. Untuk maskapai, Anda bisa cek dan booking tiket pesawat Air Asia 2019 untuk mendapatkan pengalaman terbang yang aman dan nyaman.

2. Melewati pihak keamanan dengan cepat.

Terlalu lama menunggu pengecekan di pintu keamanan justru dapat membuat Anda semakin gelisah dan tidak tenang. Solusinya, coba antrian sebelah kiri. Alasannya? Menurut studi ditemukan bahwa sebagian orang merupakan right-handed person, dan secara otomatis akan bergerak ke arah kanan. Ini pun juga terjadi saat orang-orang melewati pintu keamanan. Untuk mempercepat cobalah selalu memilih antrian atau pintu keamanan di sebelah kiri.

3. Memilih kursi yang paling aman dan nyaman.

Bagi Anda yang selalu dilanda kecemasan saat naik pesawat, cobalah memilih kursi di bagian belakang pesawat. Mengapa alasanya? Menurut studi menunjukan jika pesawat mengalami kecelakaan, penumpang yang duduk di bagian belakang memiliki kesempatan 69% untuk selamat. Sementara penumpang yang duduk di area sayap memiliki 56% kesempatan selamat, dan yang duduk di bagian depan punya 49% kesempatan. Tak hanya itu, kursi pada area belakang juga berpeluang mendapatkan tempat yang lebih lapang. Ini karena bila penerbangan tersebut tidak penuh, ada kemungkinan besar bagian belakang pesawat akan kosong. Sehingga Anda yang duduk di belakang bisa mendapatkan space yang lebih lapang.

4. Menghindari guncangan akibat turbulensi

Lain bedanya memilih tempat duduk untuk menghindari guncangan akibat turbulensi. Idealnya Anda bisa memilih posisi duduk di bagian tengah pesawat. Area tersebut akan lebih sedikit berguncang karena merupakan pusat gravitasi pesawat.
Anda juga disarankan untuk menaiki penerbangan pagi hari di mana kesempatan terjadi badai atau kondisi cuaca yang kurang baik lebih kecil.

5. Tidur dengan nyaman selama penerbangan.

Sulit tidur dalam pesawat? Cobalah untuk berolahraga sebelum penerbangan Anda. Kegiatan ini bisa mengurangi level stres dan membuat Anda menjadi lebih mudah tertidur. Area di dekat sayap pesawat merupakan tempat yang paling sunyi dalam pesawat (karena Anda berada di depan mesin pesawat), cocok bagi Anda yang menginginkan penerbangan bebas bunyi mesin. (adv)