Cegah Corona: Terminal Merak Dibersihkan, Tablig Akbar Ditunda

0
1.564 views
Aparat dari Polres Cilegon dan Koramil Merak yang dibantu pengurus otobus dan pedagang membersihkan fasilitas publik di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, Minggu (15/3).

CILEGON – Mengantisipasi penyebaran virus corona di Terminal Terpadu Merak (TTM), Koramil 2303 Merak, Polsek Merak, pengurus otobus, dan pedagang asongan bersama-sama membersihkan sejumlah fasilitas publik di TTM, Minggu (15/3). Fasilitas seperti ruang tunggu, loket, serta area umum lain dibersihkan menggunakan cairan disinfektan.

“Pakai kanebo kita lap, kaca-kaca, tempat duduk, loket-loket, kita semprot dulu pakai cairan disinfektan, baru kita lap,” ujar Wadan Ramil 2303 Merak Kapten Inf Gatot Wijayanto.

Menurut Gatot, penyebaran virus corona sangat rentan di tempat publik. Di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, TTM merupakan tempat yang paling sibuk oleh aktivitas lalu lintas orang dan kendaraan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa maupun sebaliknya.

Hal senada dilakukan Polda Banten dan jajaran. Bersama dengan TNI dan pemerintah daerah, mereka melakukan aksi bersih-bersih di tempat umum dan ibadah di Kota Serang dan Kota Cilegon.  Tempat-tempat yang disasar antara lain Alun-alun Barat, masjid, lokasi car free day, dan pusat perbelanjaan. “Kerja bakti ini guna menciptakan lingkungan yang bersih karena dengan lingkungan yang bersih akan mewujudkan lingkungan yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit,” kata Karoops Polda Banten Komisaris Besar (Kombes Pol) Amiludin Roemtaat.

Di lokasi tersebut petugas juga memberikan sabun cuci tangan kepada masyarakat. Tak lupa teknik cuci tangan yang baik dan benar juga diperagakan oleh petugas dari Bidang Dokkes Polda Banten.

Sementara itu Kapolda Banten Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Agung Sabar Santoso mendatangi Pelabuhan Merak. Di pelabuhan penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera tersebut bersama pejabat utama (PJU) Polda Banten dan puluhan anggota kepolisian melaksanakan kerja bakti di ruang tunggu ASDP Merak.

Di tempat lain, Polres Serang Kota telah menempatkan sabun cuci tangan di setiap sudut kantor. Sabun pencuci tangan boleh digunakan oleh masyarakat yang datang ke Polres Serang Kota. “Dalam mencegah penyakit kita sudah memasang sabun pencuci tangan di setiap sudut ruangan Mapolres Serang Kota,” kata Kapolres Serang Kota Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edhi Cahyono.

TUNDA TABLIG AKBAR

Penyebaran virus corona juga membuat kegiatan tablig akbar dalam rangka tasyakuran Ketua DPD Gerindra Banten Desmond J Mahesa awal April mendatang ditunda oleh panitia.

Hal itu diungkapkan Turidi Susanto, Ketua Panitia Tablig Akbar DPD Gerindra Banten menindaklanjuti keputusan Gubernur Banten yang telah menetapkan status KLB. “Kami mohon maaf kepada masyarakat Banten, kegiatan tablig akbar terpaksa ditunda demi kebaikan bersama,” kata Turidi kepada wartawan, di Kota Serang, Minggu (15/3).

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Banten Andra Soni  berharap, penundaan tablig akbar dimaklumi oleh masyarakat. “Demi kebaikan bersama, kegiatan tablig akbar kita tunda. Penundaan ini juga sesuai dengan saran dari MUI,” ungkapnya. (bam-den/alt/ags)