Cegah Kredit Macet, Bank Panin Edukasi Nasabah

Bank Panin KCU Serang
Branch Manager Bank Panin KCU Serang M Rony Rochim foto bersama karyawannya. (Foto: Susi)

SERANG – Di tengah kondisi ekonomi yang melambat, Bank Panin KCU Serang terus memberikan edukasi kepada nasabah. Ini untuk mencegah kredit macet. Kini, nonperforming loan (NPL) Bank Panin KCU Serang sebesar 0,1 persen.

Branch Manager Bank Panin KCU Serang Muhammad Rony Rochim mengatakan, beberapa langkah edukasi yang dilakukan, antara lain memberikan informasi jatuh tempo kredit, kemudahan dalam pembayaran mulai dari perpanjangan tenor, suku bunga diturunkan. “Berbagai langkah persuasif terus dilakukan, salah satunya proaktif,” katanya.

Kata Rony, sebelumnya NPL Bank Panin KCU Serang nol persen dan sekarang 0,1 persen. Tingginya NPL bisa memberikan pengaruh terhadap perolehan laba. “Ini yang terus diantisipasi. Meskipun begitu, NPL-nya masih tetap terjaga,” katanya.

Selain mengantisipasi nasabah yang memiliki pinjaman kredit, Bank Panin KCU Serang juga lebih selektif dalam memberikan pinjaman kredit. “Saat ini mengedepankan kredit yang penuh kehati-hatian,” katanya.

Kehati-hatian ini sebagai imbas dari pengaruh ekonomi Indonesia dan global yang belum pulih. Ia berharap, pada 2016 ini kondisi ekonomi bisa cepat pulih. “Sehingga geliat ekonomi bisa kembali terlihat,” katanya. (RB/skn/dwi)