Cegah Pemudik, 3.000 Personel Disebar

0
660 views
Kombes Pol Edy Sumardi

SERANG – Sebanyak 3.000 personel gabungan disebar di sejumlah titik dalam Operasi Ketupat Kalimaya 2020. Operasi tersebut untuk mencegah adanya pergerakan arus mudik 2020.

“Jumlah yang kita kerahkan sebanyak 3.000 personel gabungan yang terdiri dari Polda Banten dan jajaran, TNI dan instansi terkait,” kata Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Pol Edy Sumardi Priadinata, Minggu (26/4).

Operasi tersebut berlangsung selama 37 hari. Dimulai sejak Jumat (24/4), hingga Selasa (2/5). Operasi yang berutujuan untuk pemeliharaan keamanan itu akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung penegakan hukum. “Juga dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam kaitan pelarangan mudik guna pencegahan wabah virus corona atau covid-19,” kata Edy.

Dalam operasi tersebut, kepolisian juga menyampaikan sosialisasi Pembantasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larang mudik kepada masyarakat. “Kita turut menyosialisasikan untuk pembatasan ruang gerak kendaraan dan orang untuk tidak mudik, membatasi mobil penumpang dan pribadi melalui jalan tol dan jalan arteri,” kata Edy.

Operasi tersebut kata Edy juga menyasar pengamanan di pusat perbelanjaan seperti pertokoan, mall, supermarket, pasar dan tempat lain seperti terminal. “Kita juga memberikan pengamanan di lokasi lain seperti stasiun kereta api, jalan utama, jalan alternatif, rest area, SPBU dan tempat-tempat lain,” ucap Edy.

Edy berharap, masyarakat untuk menunda mudik pada lebaran tahun ini. Masyarakat juga diminta untuk mematuhi imbauan pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat dan physical distancing. “Kita mengimbau untuk menunda mudik agar virus ini tidak menyebar dan menularkan kepada keluarga kita yang ada di kampung,” tutur Edy. (mg05/nda)