Cek Fakta: Katanya Jaga Jarak Mutusin Covid-19, Eh Konser Malah Rame

0
483 views

Akun Facebook Rajakenza mengunggah foto yang memperlihatkan suasana sebuah konser yang dihadiri Presiden Jokowi, meski wajahnya tak diperlihatkan. Postingan itu diunggah pada Minggu (17/5).

Dalam foto tersebut, terlihat seseorang sedang berswafoto di tengah kerumunan penonton konser. Tapi wajahnya ditutupi dengan stiker.

Akun Facebook Rajakenza juga menambahkan narasi berikut dalam postingannya.

“Katanya jaga jarak mutusin matarantai eh kok konser malah rame dan doi datang lagi Aduh..piye iki piye toh…”

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto yang diunggah oleh akun Facebook Rajakenza adalah foto suasana konser saat di tengah wabah Covid-19 adalah klaim yang salah.

Foto itu adalah foto ketika Presiden Joko Widodo menghadiri Festival Musik Synchronize Fest 2017 pada Sabtu, 7 Oktober 2017.

Kehadiran Kepala Negara dalam festival yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut cukup membuat terkejut para penonton yang hadir.

Seperti diketahui, Synchronize Fest 2017 diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 6 hingga 8 Oktober 2017. Sebanyak lebih dari 100 musisi tampil di lima panggung yang berbeda.

Pada hari kedua yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Kepala Bekraf, Presiden menyaksikan penampilan musisi senior Ebiet G Ade di District Stage di antaranya mendengarkan persembahan lagu spesial “Berita Untuk Kawan”. Setelah itu Presiden mengunjungi Lake Stage ketika band metal Indonesia Deadsquad tampil.

Sebelum mengakhiri kunjungan di Synchronize Fest 2017 ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Kepala Bekraf menyempatkan diri berkunjung ke booth Bekraf yang menampilkan program Hello Dangdut. (alt/air)