Cek Fakta: Kupon Gratis Alfamart Sebesar Rp2 Juta

Beredar informasi terkait sumbangan Alfamart sebesar Rp2 juta yang dibagikan melalui 6.000 kupon gratis  dalam rangka membantu masyarakat melawan penyebaran virus corona di Indonesia.

Informasi tersebut beredar di media sosial (medsos) dan percakapan grup WhatsApp. Dalam pesan berantai itu terdapat tautan yang mengarahkan pada laman survei sekaligus mengklaim promo tersebut berlaku hingga 30 Mei 2020. Berikut narasi pesan berantai itu:

Alfamart akan menyumbangkan 6.000 kupon gratis senilai Rp 2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19. Saya baru saja mengambil voucher saya di sini:  https:/t.co/R8nJz1ubpQ

Di media sosial lainnya juga beredar pengumuman yang berisi informasi yang sama.

“Selamat Anda terpilih untuk berpartisipasi dalam survey kami untuk menerima voucher gratis Alfamart Rp2 juta” tertulis dalam laman survei di https://t.co/R8nJz1ubpQ.

Dalam laman survei juga terdapat logo Alfamart beserta ilustrasi karyawan yang mengenakan seragam perusahaan tersebut.

PENJELASAN

Untuk mengecek informasi yang viral tersebut, Cek Fakta Radar Banten menghubungi  PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, sebagai pemilik jaringan toko Alfamart. Humas Alfamart Cabang Serang, Debby Citra Amelia menegaskan, informasi Alfamart menyumbangkan 6.000 kupon gratis senilai Rp2 juta untuk melawan penyebaran corona tidak benar. “Itu hoax,”  kata Debby saat dikonfirmasi, kemarin.

Ia menambahkan, PT Sumber Alfaria Trijaya tidak pernah menggelar kuis maupun kegiatan survei dengan memberikan imbalan berupa hadiah uang tunai Rp2 juta. Debby mengimbau masyarakat terutama konsumen agar tetap waspada dan berhati-hati jika sewaktu-waktu menerima tawaran atau pesan berantai dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pemberian kupon atau promosi yang digelar oleh Alfamart hanya ditampilkan melalui situs resmi dan media sosial Alfamart,” tegasnya.

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman juga membantah informasi tersebut. Menurutnya, kuis dengan iming-iming hadiah voucher belanja Alfamart yang beredar di medsos adalah informasi bohong. “Kami mohon masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah atau voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami,” ujar Nur dalam keterangan tertulisnya.

Perusahaan telah melaporkan informasi hoax tersebut melalui surat elektronik kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, untuk memblokir situs  tersebut dan menyatakan bahwa situs tersebut hoax. “Perusahaan kami tidak menyelenggarakan survei secara online terlebih dengan iming-iming memenangkan voucher belanja senilai  Rp2 juta,” tegasnya.

Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com. “Akun resmi kami adalah Facebook www.facebook.com/alfamartku, instagram www.instagram.com/afamart, twitter www.twitter.com/alfamart. Keluhan konsumen dan informasi promo dapat menghubungi Sahabat Alfamart di nomor telepon 1500959,” pungkasnya. (den/alt/air)