Cek Fakta: Pembatasan Sosial Jakarta-Bandung Sudah Tidak Diterapkan Lagi

Beredar informasi bahwa pembatasan sosial di jalan tol Jakarta-Bandung sudah selesai. Pesan beredar melalui grup percakapan WhatsApp.

Narasi:

“TIDAK ADA LOCKDOWN, TIDAK ADA MASKER, LALU LINTAS TOL BANDUNG JAKARTA, JAKARTA-BANDUNG”

PENJELASAN:

Beredar unggahan video melalui Facebook dengan narasi bahwa tol Jakarta-Bandung sudah tidak melakukan pembatasan sosial.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi mengenai Jakarta-Bandung sudah tidak melakukan pembatasan sosial tidak ditemukan. Artikel terkait mengenai Jakarta dan Bandung memperpanjang masa PSBB dari katadata.co.id dalam artikel berita “Jakarta & Bandung Perpanjang PSBB hingga Usai Lebaran, Kapan Berakhir?” tayang pada 20 Mei 2020.

Melansir dari katadata.co.id, pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melanjutkan penerapan PSBB hingga 4 Juni mendatang. Dengan demikian, ibukota resmi memasuki PSBB tahap ketiga. Sebelumnya, DKI Jakarta mulai menerapkan PSBB tahap pertama pada 10 April dan seharusnya berakhir pada 23 April, lalu diperpanjang hingga 22 Mei sebagai PSBB tahap kedua.

Selain Jakarta, Kota Bandung yang mulanya melakukan PSBB pada 22 April hingga 15 Mei diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Dalam penelusuran lain, melansir dari liputan6.com, Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menegaskan, hingga saat ini pemerintah tak melakukan relaksasi dalam kegiatan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

“Pemerintah sampai dengan saat ini tidak melakukan relaksasi sedikit pun terkait dengan kegiatan-kegiatan PSBB,” kata Yurianto.

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi mengenai pembatasan sosial sudah tidak diterapkan lagi di Jakarta-Bandung tidak benar, unggahan tersebut masuk dalam misleading content/konten yang menyesatkan. (alt)