Cek Fakta: Sitkom Bajaj Bajuri Prediksi Corona 17 Tahun Lalu

0
1.863 views

Media percakapan WhatsApp diramaikan dengan informasi yang menyebutkan bahwa Sitkom Bajaj Bajuri telah memprediksi virus corona, 17 tahun lalu.

Narasi:

 “Di Tahun 2002, ada sebuah cuplikan Dlm salah satu episode Bajay bajuri Tentang penyakit menular yg berasal dari China. Semua orang sudah pakai masker, dan orang yang diduga kena penyakit menular harus dikarantina. Saat itu kita hanya menontonnya sebagai cerita biasa. 18 Tahun kemudian, kisah itu Identik dgn apa yg kita rasakan sekarang. Tanpa sadar kita kadang sudah diperlihatkan tanda² nya”

PENJELASAN

Setelah melakukan penelusuran, ternyata potongan video tersebut merupakan video sitkom Bajaj Bajuri pada episode 205 yang berjudul “Katakan Saja Ogah Berpuasa.” Dalam episode tersebut terlihat Said dan Oneng tengah membahas virus SARS yang pada tahun 2002 tengah melanda Tiongkok.

Melihat dari video lengkapnya yang diunggah oleh akun Youtube Bang Rose, episode tersebut menceritakan Ucup yang memiliki gejala yang sama dengan pasien yang mengidap virus SARS. Dalam video tersebut ucup menjadi pasien yang harus menjalani karantina, namun Ucup menolak untuk menjalaninya.

Selain itu dalam video tersebut juga memperlihatkan jika Emak terkena gejala yang sama setelah kontak dengan Ucup.

Berdasarkan penjelasan di atas, mengenai potongan video sitkom yang meramalkan virus Corona 17 tahun lalu adalah tidak benar. Informasi tersebut masuk ke dalam konten yang salah.

Jadi kesimpulannya sitkom Bajaj Bajuri  bukan memprediksi virus corona. Sitkom Bajaj Bajuri dalam episode 205 dengan judul “Katakan Saja Ogah Berpuasa” tersebut berupa adegan yang tengah membahas soal wabah virus SARS yang melanda Tiongkok di tahun 2002 dan tengah ramai dibahas kala itu.(www.turnbackhoax.id/alt)