Cek Fakta: Usia di Atas 50 Tahun Dilarang ke Mal dan Kafe saat New Normal

0
666 views

Beredar narasi yang menyebutkan bahwa warga berusia di atas 50 tahun dilarang masuk ke mal dan makan di kafe saat new normal. Narasi itu beredar luas di media sosial dan pesan berantai WhatsApp.

Dalam narasi tersebut, warga berusia di atas 50 tahun juga tidak diizinkan untuk mendatangi tempat gym, stadion hingga pasar.

Berikut isi narasinya:
“Pembatasan untuk orang berusia 50 tahun ke atas di era new normal:
A. Dilarang masuk mal atau ke pasar
B. Dilarang makan di restoran atau kafe
C. Dilarang ke gym atau stadion
D. Menghindari keramaian dan kerumunan
E. Tetap menjaga jarak fisik 1 m
Sebagai gantinya pemerintah akan menyiapkan hiburan di bawah.”

Benarkah klaim dari narasi tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran, narasi yang menyebutkan bahwa warga berusia di atas 50 tahun dilarang ke mal dan kafe tidak benar. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) wilayah DKI Jakarta, Ellen Hidayat membantah narasi tersebut. Ia menegaskan tidak ada batasan usia untuk pengunjung pusat perbelanjaan atau mal.

“Asosiasi pengelola mal tidak pernah berencana melakukan pembatasan usia pengunjung ataupun tidak pernah berencana melakukan diskriminasi usia bagi pengunjung,” ujar Ellen.

Pihak pengelola akan menerapkan protokol kesehatan di setiap mal yang ada. Protokol kesehatan yang diterapkan meliputi pengecekan suhu tubuh di seluruh pintu masuk mal hingga kewajiban menggunakan masker bagi karyawan dan tenant.

Sementara itu, mengutip dari laman detik.com dari artikel berjudul ‘Ada Aturan New Normal Usia 50 Tahun ke Atas Dilarang Kerja Shift 3’, dalam aturan new normal nanti perusahaan diminta menghapus shift 3 yang biasa dilakukan malam hari. Jika memang shift 3 tersebut tak bisa dihapus, maka perusahaan diminta untuk mengutamakan mereka yang masuk shift 3 merupakan karyawan berusia di bawah 50 tahun. (alt)