Cemari Lingkungan, Peternakan Ayam di Cikande Ditutup Sementara

0
744 views
Pandji Tirtayasa

SERANG – Kurang lebih dua jam warga berunjuk rasa di depan gebang Pemkab Serang. Mereka mendesak Pemkab Serang agar menutup perusahaan ternak ayam PT Gizindo Sejahtera Jaya di Cikande yang telah mencemari lingkungan.

Kata warga, bau dari peternakan itu dirasakan warga di Kecamatan Jawilan, Cikande, Pamarayan, dan Bandung.

Wakil Bupati Pandji Tirtayasa yang menemui warga sepakat untuk menutup sementara peternakan ayam itu. Pemkab akan menyurati perusahaan tersebut agar bisa menyelesaikan persoalan yang dikeluhkan warga.

“Tadi kami sudah mendengar dan menimbang aspirasi teman-teman dari Cikande. Pada intinya kami merasakan apa yang dirasakan oleh warga. Untuk itu kami memutuskan agar perusahaan menghentikan sementara aktivitas produksinya,” kata Pandji di hadapan massa, Kamis (19/1).

Kata Pandji, Pemkab akan menandatangani kesepakatan dengan warga Cikande. Inti kesepakatan tersebut, pihak perusahaan agar secepatnya menyelesaikan berbagai persoalan yang menjadi keresahan warga.

“Untuk itu kami tegaskan beri waktu dua minggu untuk melakukan perbaikan agar limbah bau kotoran ayamnya bisa hilang. Sebab pada intinya warga tidak menginginkan mencabut izin produksi karena 90 persen yang bekerja merupakan warga lokal. Warga itu hanya ingin bau kotoran ayamnya bisa hilang dan itu tugas perusahaan untuk bertanggung jawab. Jika perusahan terus membandel maka akan sanksi berat pidana, tapi saat ini pihak perusahaan menyepakati, ” jelas Pandji. (Ade)