CFD Kota Serang Dibuka

0
272 views
Petugas menyemprotkan disinfektan sepanjang jalur car free day (CFD) secara berkala di Jalan Veteran, Kota Serang, Minggu (8/11). Selain penyemprotan disinfektan, petugas juga memeriksa suhu tubuh pengunjung dan meminta cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki area CFD yang diadakan selama masa Pandemi.

SERANG – Sejak 1 November 2020 Car free day (CFD) Kota Serang kembali berlangsung. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang menyemprotkan biodisinfektan sebelum pelaksanaan CFD.  Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran wabah Covid-19.

Pantauan Radar Banten, Minggu (8/11) sekira pukul 06.00 WIB. Aktivitas CFD Kota Serang yang dipusatkan di sekitar Alun-alun Kota Serang, yakni di sepanjang jalan Veteran dan Ki Mas Jong Kecamatan Serang, kembali seperti biasa. Warga mengisi waktu libur dengan berolahraga dan berjalan santai. Kondisi ini tentu dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan lapak yang telah disediakan.

Kepala DLH Kota Serang Ipiyanto mengatakan, sejak 1 November 2020 CFD kembali dibuka. Malam harinya, petugas DLH menyemprotkan biodisinfektan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19. “Kita terlebih dahulu melakukan penyemprotan Biodesinfektan di lokasi CFD,” ujar Ipiyanto kepada Radar Banten, kemarin.

Kata Ipiyanto, penyemprotan dilakukan berdasarkan situasi dan kondisi cuaca. Sore, tengah malam atau bisa pagi sebelum ada para pedagangnya. “Kami dari pemerintah Kota Serang hanya berusaha. Mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Salah seorang pedagang jajanan Yudi mengaku, CFD di sekitar Alun-alun Serang dibuka sejak pekan lalu. Ia menjelaskan, pengunjung CFD pekan ini lebih banyak dari pekan lalu. “Minggu lalu sepi pengunjung. Sekarang lumayan banyak,” katanya.

Alhamdulillah, jualan saya laku. Sebelumnya sepi. Mudah-mudahan virus Corona cepat berlalu,” tambah Yudi.

Menurut Yudi, para pengunjung sebagian besar pengunjung yang biasa memanfaatkan waktu libur berolahraga dan santai di Alun-alun Serang. “Kan sempat tutup pada PSBB. Sekarang dibuka lagi,” katanya.

“Kalaupun dibuka, tetap kita waspada. Minimal memakai masker dan menyediakan handsanitizer mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19),” sambung Yudi.

Sementara itu, salah satu pengunjung CFD, Asep Munandar mengaku baru kembali mengunjungi CFD selama pandemi Covid-19. Biasanya memanfaatkan Minggu pagi untuk jalan santai bersama keluarga. “Baru kesini lagi. Beberapa bulan absen. Sekarang memberanikan diri. Makanya pake masker,” katanya. (fdr/air)