Chandra Asri Bangun Gedung PAUD Cahaya Bintang

0
3109
Gedung PAUD Cahaya Bintang di Kampung Kamurang Pal, Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang yang dibangun oleh Chandra Asri.

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk bekerja sama dengan Yayasan Happy Hearts Indonesia (HHI) kembali melakukan pembangunan gedung pendidikan anak usia dini (PAUD) di wilayah Kabupaten Serang yang sebelumnya tidak layak untuk kegiatan belajar-mengajar.  

Kali ini, Chandra Asri membangun gedung PAUD Cahaya Bintang di Kampung Kamurang Pal, Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang. Lembaga pendidikan ini lokasinya berada di Ring 1 (paling dekat) perusahaan.

PAUD Cahaya Bintang kini berdiri kokoh setelah melalui proses pembangunan selama kurang-lebih empat bulan. Dilengkapi dengan fasilitas pendukung, sarana bermain untuk anak didik, dan sarana sanitasi yang layak diharapkan dapat menjadi modal awal bagi para guru dan murid untuk menimba ilmu. 

Peresmian dilaksanakan pada Rabu, 7 April 2021, dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Anyar, serta jajaran pemerintahan tingkat Desa Grogol Indah dan Kecamatan Anyar.

Vice President Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri Edi Rivai (tiga dari kanan) perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Anyar, serta jajaran pemerintahan tingkat Desa Grogol Indah dan Kecamatan Anyar pada acara peresmian.

PAUD Cahaya Bintang didirikan pada tahun 2012 berdasarkan permintaan serta kebutuhan masyarakat Kampung Kamurang Pal akan pendidikan tingkat usia dini. Awalnya kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan di ruang tamu rumah milik Bayinah dengan kondisi ruang kelas terbatas dan tanpa fasilitas pendukung yang memadai. Namun semangat Bayinah yang menjadi Kepala PAUD Cahaya Bintang serta para guru untuk memberikan pengajaran bagi anak usia dini di Kampung Kamurang Pal tidak pernah surut. Hal itu lah yang melatarbelakangi Chandra Asri membantu PAUD Cahaya Bintang memiliki bangunan yang layak dan nyaman untuk menimba ilmu.

Vice President Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri Edi Rivai saat peresmian menyampaikan bahwa PAUD Cahaya Bintang merupakan PAUD keempat yang dibangun kembali oleh Chandra Asri bersama dengan HHI. Hal ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus melanjutkan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di wilayah Ring 1 dan Ring 2 perusahaan. 

“Chandra Asri juga tengah membangun Politeknik Petrokimia di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, sebagai upaya lebih lanjut untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah sekitar perusahaan,” kata Edi.

Alat permainan edukatif di dalam ruangan PAUD Cahaya Bintang.

Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Serang Janjusi S.Pd atas nama Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Serang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Chandra Asri yang telah membangun gedung PAUD Cahaya Bintang. Di Kabupaten Serang sudah ada dua PAUD yang dibangun melalui program CSR Chandra Asri. Pertama di Kecamatan Puloampel pada tahun 2019 dan yang kedua di Kecamatan Anyar pada tahun 2021.

Pada saat peresmian, Janjusi menyampaikan di Kabupaten Serang terdapat 1.054 PAUD. Sebanyak 60 persen bangunannya kurang layak untuk kegiatan belajar-mengajar. “Karena itu sangat dibutuhkan kolaborasi bersama antara pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ungkapnya.

Kepala PAUD Cahaya Bintang Bayinah bersyukur dan berbahagia memiliki gedung PAUD yang layak. “Ini impian kami sepuluh tahun yang lalu. Dulu numpang di rumah saya di ruang ukuran 6 x 3 meter persegi yang disekat menjadi dua ruang. Ruang A dan ruang B,” ungkap Bayinah. 

Kini, lanjut dia, Chandra Asri telah membangun gedung PAUD di atas lahan seluas 250 meter persegi. Gedung dilengkapi fasilitas toilet dan alat permainan edukatif di dalam ruangan dan luar ruangan. “Gedung PAUD ini membuat anak-anak bahagia, guru-guru bahagia, dan kepala sekolahnya juga bahagia,” ungkap Bayinah.

Vice President Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri Edi Rivai (kiri),  Kepala PAUD Cahaya  Bintang Bayinah, dan Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Serang Janjusi S.Pd menggunting pita tanda peresmian gedung PAUD Cahaya  Bintang.

Bersamaan dengan kegiatan peresmian, Chandra Asri juga memberikan donasi buku kepada PAUD Cahaya Bintang, sejalan dengan program Pojok Literasi, yang bertujuan membuka akses membaca pada anak usia sekolah. 

Development Director Happy Hearts Indonesia Lusman Yunarto turut mengajak warga dan seluruh unsur masyarakat untuk bersama merawat gedung yang telah terbangun, yang akan menjadi milik bersama, demi kebermanfaatan seluruh masyarakat. (adv)