Chandra Asri Beri Bantuan ke PMI Banten, BPBD Serang, Cilegon, dan Pandeglang

0
3173
Penyerahan secara simbolis donasi dari PT Chandra Asri Petrochemical Tbk kepada PMI dan BPBD di Pendopo Bupati Serang.

Program Year End Giving Chandra Asri 2020

Dengan semangat berbagi kepada sesama masyarakat, karyawan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mengumpulkan donasi secara sukarela, yang kemudian ditambahkan oleh perusahaan pada program Year End Giving Chandra Asri 2020.

Melalui program donasi akhir tahun ini, Chandra Asri memberikan ragam bantuan untuk masyarakat daerah Banten melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang dalam rangka pencegahan dan penanganan COVID-19 serta bantuan umum sosial lainnya.

Pada 4 Februari 2021, bantuan sebanyak enam tenda serbaguna diserahkan untuk PMI dan BPBD Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Pandeglang. Secara bersamaan juga diserahkan donasi reguler 500 pcs rapid test kit dan 500 pcs masker dari perusahaan.

Vice President Corporate Relations and Sustainability PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Edi Rifa’i mengatakan, bantuan yang diberikan pada kesempatan ini bukan yang pertama. “

“Tujuannya tentu mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat menjadi tempat penampungan sementara sebagai upaya penanggulangan bencana. Ini tenda produksi lokal dan bisa mobile atau dibawa kemana-mana sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan piagam penghargaan kepada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk sebagai sebagai perusahaan yang tanggap bencana.

Berkat konsistensi Chandra Asri yang terus responsif dalam membantu dan membangun masyarakat Banten, Chandra Asri mendapat penghargaan sebagai perusahaan yang secara konsisten turut peduli serta tanggap darurat bencana.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap semua kalangan industri di Banten turun tangan memberikan program corporate social responsibility (CSR) untuk penanggulangan bencana, terutama menangani pandemi COVID-19. “Saya selaku Bupati Serang dan Ketua PMI Provinsi Banten yang kesekian kali menerima bantuan dari PT Chandra Asri. Alhamdulillah, ini sangat bermanfaat,” kata Tatu di Pendopo Bupati Serang, Kamis (4/2/2021).

Pada penyerahan bantuan secara simbolis, Bupati Serang memberikan penghargaan kepada Chandra Asri karena telah banyak memberikan bantuan kepada warga Kabupaten Serang. Sebelumnya telah memberikan bantuan perahu kepada sejumlah nelayan di Kecamatan Anyer dan Cinangka.

Selaku kepala daerah dan Ketua PMI Banten, Tatu mengaku terus membangun komunikasi dan sinergi dengan kalangan industri untuk turut tanggap darurat bencana dan menangani pandemi COVID-19. “Mereka kalangan industri memang ada yang memberikan CSR dalam bentuk bantuan lain. Tapi mudah-mudahan dengan apa yang dilakukan Chandra Asri, membangkitkan semangat kawan-kawan industri yang lain,” ujarnya.

Tatu berkomitmen mendukung rencana ekspansi Chandra Asri ke daerah Kabupaten Serang. “Kami berharap, dengan Chandra Asri ekspansi ke Kabupaten Serang, ada kontribusi yang positif untuk masyarakat,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma menilai bantuan dari Chandra Asri sangat berarti. “Dalam penanggulangan bencana itu ada tiga pilar yaitu masyarakat, pemerintah, dan pihak industri. Ketiganya harus bersinergi. Chandra Asri sudah membuktikannya. Saya berharap kepedulian perusahaan ini menjadi contoh bagi perusahaan lain,” ungkap Nana. Ia juga berharap Chandra Asri dan perusahaan lain bergerak hingga pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Kepala BPBD Kota Cilegon Erwin Harahap juga mengapresiasi bantuan yang diberikan Chandra Asri. Menurutnya, bantuan berupa berbagai macam alat kesehatan tersebut telah disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

“Setelah menerima bantuan kemudian kita catat, langsung kita salurkan,” ujar Erwin.

Dijelaskan Erwin, bantuan dari pihak industri sangat dibutuhkan pemerintah karena tidak sekadar mengandalkan anggaran APBD. “Kalau anggaran pemerintah kan terbatas, dengan adanya bantuan kita saling bahu membahu,” ujarnya.

Penyerahan donasi sembako untuk Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, yang juga merupakan dana hasil program Year End Giving.

Hal yang sama disampaikan Kepala BPBD Kabupaten  Pandeglang Pery Hasanudin. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian Chandra Asri terhadap warga Pandeglang. Bantuan semacam ini sangat dibutuhkan warga, apalagi jika terjadi bencana alam,” ungkap Pery.

Dia berharap sinergi Pemkab Pandeglang dan Chandra Asri dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana berkelanjutan. Begitu pula dengan program pemberdayaan masyarakat.

Selain menjalankan kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar perusahaan, Chandra Asri juga mewujudkan kepeduliannya pada upaya kegiatan sosial yang dilakukan oleh karyawan perusahaan. Pada 27 Januari 2021 lalu, tim CSR mewakili perusahaan, berkunjung langsung ke Yayasan Rumah Pintar Yatim & Dhuafa Al-Ikhlas yang berlokasi di Komplek Grand Pesona, Desa Kertasana, Kecamatan Bojonegara. Yayasan ini merupakan binaan karyawan dari Chandra Asri, Heru Wahyono. Sebagai bentuk dukungan, perusahaan memberikan perlengkapan penunjang kegiatan belajar mengajar yakni buku bacaan (umum dan agama), Alquran, karpet, printer, standing board, serta 200 buah masker untuk Yayasan Rumah Pintar. Donasi ini juga masih menjadi bagian dari dana Year End Giving Chandra. (adv)