Chat Seru dengan Stiker

0
592 views

SERANG – Saat ini tentu tak asing bukan, chat di berbagai aplikasi atau media sosial di ponsel menggunakan stiker? Apalagi stiker untuk chatting ini bisa dibuat sendiri dengan mudah. Wah, makin seru nih sepertinya. 

Adanya stiker di beberapa aplikasi media sosial seperti BBM (Blackberry Messenger) atau Line, ternyata menyuntik aplikasi media sosial lain seperti WhatsApp untuk menghadirkan layanan stiker pelengkap chat. Bedanya, jika Line dan BBM ada stiker berbayar, WhatsApp justru menghadirkan stiker gratis, bahkan bisa kita buat sendiri dengan aplikasi edit lho.

Terlebih Google Play Store sudah semakin banyak menghadirkan aplikasi edit stiker dengan berbagai macam nama. WhatsApp sendiri di negara +62 ini menjadi salah satu media sosial chat yang paling banyak digunakan. Dan hadirnya stiker di aplikasi tersebut, membuat obrolan semakin seru. Selain WhatsApp yang menyediakan, kita juga bisa membuatnya dan menyimpan stiker karya versi kita masing-masing.

Karena stiker WhatsApp tidak menyediakan banyak pilihan, kita bisa mengunduh aplikasi pembuatan stiker di App Store. Aplikasi yang dimaksud di antaranya ada StickerMaker, WAStickerApps 2019, Stickers For Chat, Sticker Maker, Sticker Studio dan masih banyak lagi. Aplikasi inilah yang dapat membuat stiker foto atau animasi. Namun, tetap ada aplikasi jagoan kamu untuk membuat stiker.

Salah satunya Fahmi Syariati Illahi, mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini mengaku, punya aplikasi favorit untuk membuat stiker. “Nama aplikasinya Wemoji. Biasanya saya buat dengan cara upload gambar yang ingin dijadikan stiker, tetapi yang resolusinya bagus. Lalu saat masuk ke tahap crop untuk pemotongan background,” jelas mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam itu.

Menurut Content Creator Moodwills ini, kelebihan stiker di WhatsApp adalah bisa berkreasi sendiri tanpa proses persetujuan panjang seperti Line stiker. “Tetapi tetap harus hati-hati untuk tidak mengaku hak cipta orang lain,” lanjut cowok 23 tahun itu.

Sedangkan Syarifatul Ulya mengatakan, ia menggunakan aplikasi PicsArt untuk membuat stiker di WhatsApp. “Pertama aku pilih gambar yang mau dijadikan stiker. Kalau aku sendiri sih sukanya foto teman-temanku. Kita seleksi bagian tubuh mana yang mau dijadikan stiker. Kalau saya sukanya bagian kepala. Udah gitu lakukan pemotongan dengan fitur cutout, cuma harus hati-hati biar rapi,” jelas sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia itu.

Wanita 22 tahun ini menambahkan, gambar juga bisa menjadi Gif di PicsArt. “Caranya dengan tap export Gif, tunggu prosesnya, setelah selesai, itu berarti stiker kita sudah menjadi Gif,” tambah wanita yang sedang melanjutkan studi magister PGSD di Universitas Negeri Jakarta itu.

Kehadiran fitur stiker di media sosial ini tentunya membuat suasana chatting-an lebih terasa seru dan tidak membosankan. Mentari Adlu, mahasiswa Universitas Faletehan bilang, kalau ada fitur stiker, obrolan grup lebih ramai. “Karena biasanya memulai obrolan menggunakan stiker, ada kesan tersendiri aja, dilihatnya lucu gitu. Kalau chat pakai ketikan biasa mungkin mainstream jadi pakai stiker,” ucap siswi yang beralamat di Persada Banten ini.

Bedanya, tutur Mentari, chatting-an tanpa stiker itu terasa dingin enggak ada kesan unik, seru, lucu juga. Karena fitur stiker itu yang bisa ngerubah suasana chattingan. “Aku pakai stiker yang lagi viral aja kemarin kayak yang lagu entah apa yang merasukimu,” tukasnya.

Dalam setahun ini, aplikasi chat yang paling banyak digunakan di Indonesia, WhatApps, terus memberikan update fitur-fitur anyar di layanannya. Mulai dari video call ramai-ramai, membalas WhatsApp Status dengan GIF atau file dokumen hingga menambah waktu durasi untuk hapus pesan.

Nah, yang terbaru setelah melakukan serangkaian ujicoba, WhatsApp akhirnya merilis sebuah fitur stiker bagi pengguna Android dan iOS agar kegiatan membalas pesan semakin asyik.

Dilansir dari cuitan @WABetaInfo WhatsApp dalam waktu dekat akan menyusul LINE, dan aplikasi berkirim pesan lainnya yang memiliki stiker.

Kabar ini pertama kali merebak pada Mei 2018 lalu saat konferensi Facebook F8 untuk para pengembang. Baru-baru ini, di dunia maya beredar bocoran informasi yang disebut sebagai stiker yang akan muncul di WhatsApp.

Akun Twitter @WABetainfo mencuit pratinjau stiker yang ada di WhatsApp versi beta 2.18.218 untuk Android. Berbeda dengan aplikasi lainnya LINE  fitur stiker ini sudah ada sejak peluncurannya 2011 lalu, LINE telah menawarkan berbagai macam jenis stiker, mulai dari stiker animasi, bersuara, hingga stickers pop-up. Pada 2012, LINE memperkenalkan LINE Creators Market, sebuah platform yang memungkinkan pengguna LINE dari seluruh dunia untuk membuat dan menjual LINE stickers buatan mereka sendiri.

Saat ini, LINE stickers sudah tersedia sebanyak 4.7 juta buah dan sampai April 2019 terkirim sebanyak 433 juta kali setiap harinya. Melalui, LINE Custom Stickers ini, LINE memungkinkan penggunanya untuk mempersonalisasi dan menciptakan stiker mereka sendiri.

Pada umumnya fitur stiker ini terdapat beberapa perbedaan di antaranya yang tersedia di WhatsApp bisa diunduh gratis. Berbeda dengan Line yang sebagian besar stikernya hanya bisa didapatkan dengan membeli dalam toko aplikasi. (najla-haikal zetizen/zee/ags)