Christine Hakim Berharap Jokowi Nonton Film Boven Digoel

0
716 views
Christine Hakim di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/2). Foto: Dedi Yondra/JawaPos.com

Aktris senior Christine Hakim berharap Presiden Joko Widodo bisa menonton film terbarunya, Boven Digoel. Menurutnya, film ini menggambarkan betapa tertinggalnya pembangunan di tanah Papua, terutama bidang kesehatan. Sehingga penting diketahui petinggi negara atau pun kementerian.

“Film ini harus ditonton sama presiden Jokowi. Apalagi Pak Jokowi punya komitmen membangun Papua, beliau udah datang langsung ke sana empat kali untuk membangun infrastruktur,” kata Christine Hakim saat jumpa pers di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Sebagaimana dilansir JawaPos.com, wanita 60 tahun ini mengatakan film Boven Digoel sangat bermanfaat untuk menggambarkan betapa masih kurang diperhatikannya Papua. Banyak prasarana dan infrastruktur yang masih belum terpenuhi. Terutama soal pembangunan di bidang kkesehatan, yang tergambar jelas lewat film tersebut.

Selain menggambarkan kondisi Papua, film ini menurut Christine Hakim juga berguna mengangkat moral masyarakat Bumi Cendrawasih ini. Sebab Boven Digoel merupakan film pertama hasil produksi production house Papua.

“Jadi kita bisa ikut membangun masyarakat Papua lewat budaya. Harus ada kerja sama, dan persaudaraan kita,” ucap Christine Hakim.

Film Boven Digoel digarap oleh sutradara FX Purnomo. Film ini mengangkat kisah nyata dari buku tentang perjuangan dokter bernama John Manangsang. Pada tahun 90an dia memilih bekerja di tanah kelahiran dan bertugas di puskesmas pedalaman Papua, seperti desa Maryam, Tanah Merah, Boven Digoel.

Dokter John mendedikasikan hidupnya untuk kesehatan masyarakat di pedalaman. Perjuangannya diuji dengan serba keterbatasan alat medis yang ada di sana. Dia juga rela berjalan hingga delapan jam untuk mengobati warga.

Namun polemik besar muncul saat dokter John harus melakukan operasi caesar terhadap wanita bernama Ibu Agustina, yang telah melahirkan sembilan kali. Nahas, puskesmas tempatnya tidak mempunyai alat atau pisau pendukung untuk operasi ini. Sehingga operasi pun dilakukannya hanya menggunakan silet.

Selain Christine Hakim, film ini juga dibintangi oleh JFlow Matulessy, Edo Kondologit, Ira Dimara, Maria Fransisca, Lala Suwages, Ellen Aragay, dan pemain berbakat asal Papua lainnya. Film Boven Digoel bakal mulai tayang di bioskop pada 9 Februari 2017 mendatang. (ded/JPG)