Cikoneng Diklaim Bebas KDRT dan Narkoba

CURUG – Lingkungan Cikoneng, RT 05 RW 02, Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, dinyatakan bebas kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan peredaran narkoba. Klaim warga Cikoneng ini karena dua kasus kriminalitas tersebut diakui belum pernah terjadi. Setidaknya, kurun waktu tiga bulan terakhir.

“Di sini (Lingkungan Cikoneng-red) enggak pernah ada KDRT apalagi narkoba. Dijamin kondusif,” tegas Ketua RT 05 RW 02, Lingkungan Cikoneng, Sukri kepada Radar Banten, Rabu (25/3).

Menurut Sukri, keamanan lingkungan yang dihuni oleh 255 jiwa dari 78 kepala keluarga ini menjadi prioritas. Tidak hanya menjelang Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Karena, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Cikoneng berjalan. Setiap malam, warga rutin ronda meskipun jadwalnya belum terpasang di dua pos ronda.

“Jadi, enggak mesti liat jadwal. Warga sudah sadar sendiri. Kalau memang waktunya jaga, pasti datang,” ujar Sukri.

Cikoneng nihil KDRT dan kasus narkoba, jelas Sukri, lantaran tindakan pencegahan kerap dilakukan. Pengurus lingkungan memanfaatkan acara kemasyarakatan atau keagamaan seperti pengajuan untuk menyampaikan pentingnya menjaga keamanan lingkungan. Sosialisasi bahaya narkoba juga dilakukan pengurus RT dengan menggandeng pihak Polsek Curug.

“Dari polsek kan biasa ngadain acara pencegahan narkoba di kelurahan,” ujarnya.

Hingga kemarin, warga Cikoneng belum melakukan kegiatan penataan lingkungan. Kata Sukri, pihaknya akan mengajak warganya bergotong royong pada Minggu (29/3) pekan depan. Rencananya, membersihkan lingkungan dari sampah dan membuat gambar tokoh film kartun di jalan dan tembok rumah warga. “Pokoknya, kita bakal hias jadi lebih menarik dan bagus,” cetusnya.

Warga Cikoneng juga bakal membuat pagar di pinggir jalan sekira 200 meter. Di belakang pagar pun ditanami tanaman jenis sayuran seperti tomat, cabai, dan terong. “Insya Allah jadi lingkungan yang bersih, aman, dan indah,” kata Sukri.

Lurah Tinggar Ahmad Bajuri menambahkan, penataan lingkungan di Cikoneng akan dikembangkan sesuai keinginan dan kebutuhan warga. Jika warganya kompak, lanjutnya, Cikoneng berpotensi menjadi juara LRLA. “Soalnya, lokasinya strategis. Jalannya rapi,” pungkasnya. (mg06/don)