Edxuardo Vargas menjadi top skor Copa America Centenario 2016. Foto : Copa America 2016

Cile berhasil mempertahankan gelar Copa America dengan cara yang sama dengan tahun lalu.

Bertemu Argentina di partai final, Senin (27/6) dinihari WIB, Cile sukses menang melalui drama adu penalti, setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Lionel Messi yang sukses mengukir rekor pada Copa America Centenario 2016 ini akan menyimpan penyesalan yang begitu dalam. Pasalnya, dia menjadi salah satu penendang yang gagal dalam adu penalti.

Pada menit ke-21 Argentina hampir membuka keunggulan. Gonzalo Higuain yang memanfaatkan blunder Gary Medel mencungkil bola setelah berhadapan satu lawan satu dengan Bravo. Namun bola masih melebar.

Cile harus bermain dengan 10 orang setelah Alfonso Diaz menerima kartu kuning kedua. Argentina memanfaatkan kondisi tersebut dengan terus menekan pertahanan Cile.

Unggul secara jumlah pemain, Argentina justru ikut terkena kartu merah. Adalah Marcos Rojo yang mendapat kartu merah langsung akibat tekel kerasnya kepada Arturo Vidal.

Babak kedua pertandingan berjalan serupa dengan babak pertama. Kedua tim saling melancarkan serangan, tapi tak ada satu pun yang berbuah gol.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada satu pun gol tercipta. Laga terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan. Para pemain Argentina dan Cile terlihat begitu kelelahan, tak ada gol tercipta sehingga babak adu penalti harus dimainkan.

Dua algojo perdana, Vidal dan Messi gagal melakukan tugasnya dengan baik. Tendangan Vidal mampu diblok Romero, sementara Messi melambung.

Setelah itu Castillo, Aranguiz, dan Beausejour berhasil mencetak gol untuk Cile. Begitu juga dengan Mascherano dan Aguero. Namun, tendangan Biglia mampu diantisipasi dengan baik oleh Bravo.

Silva yang menjadi penendang penentu berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Cile kembali mengalahkan Argentina melalui adu tendangan penalti di babak final Copa America.

SUSUNAN PEMAIN

Argentina: Romero; Mercado, Otamendi, Funes Mori, Rojo; Biglia, Mascherano, Banega (Lamela 111′); Messi, Higuain (Aguero 70′), Di Maria (Kranevitter 57′)

Cile: Bravo; Isla, Medel, Jara, Beausejour; Vidal, Diaz, Aranguiz; Fuenzalida (Puch 80′), Vargas (Castillo 109′), Sanches (Silva 104′)