Cilegon Belum Tentukan Tim Basket untuk Poprov Banten

Pemain basket putra Cilegon tampil di salah satu kejuaraan tingkat pelajar Cilegon beberapa waktu lalu. Ajang tersebut menjadi salah satu wadah seleksi tim basket Cilegon untuk menghadapi Porprov V Banten 2018.

CILEGON – Pergelaran multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang, tinggal menghitung bulan saja. Namun hingga saat ini, Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Cilegon belum menentukan tim inti yang akan diboyong.

Ketua Umum Pengcab Perbasi Kota Cilegon Alwin Setiawan mengatakan, meski belum menentukan tim inti, akan tetapi training center (TC) telah dimulai sejak tahun lalu (tahun 2017-red).  “Memang kami belum memiliki tim inti porprov, baik putra maupun putri. Saat ini seleksi tengah berlangsung dan kami juga menerapkan sitem promosi degradasi. Semua pemain terbaik yang ada di Cilegon kami libatkan untuk mengikuti TC. Nanti puncak seleksinya akan dilangsungkan akhir April 2018 untuk menentukan tim inti,” kata Alwin kepada Radar Banten, Minggu (8/4).

Alwin menambahkan, meski belum menentukan skuat inti yang akan diboyong ke Kabupaten Tangerang, tetapi Pengcab Perbasi Cilegon telah menentukan target yang harus dicapai. “Porprov lalu kami tercecer di peringkat kelima, baik tim putra maupun tim putri. Tahun ini harus lebih baik. Bila melihat kualitas pemain yang dimiliki, kami yakin bisa meraih yang terbaik. Kans terbesar kami untuk meraih medali emas ada di tim putri, tim putra hanya ditargetkan medali perak,” imbuhnya.

Pelatih Tim Basket Cilegon Prama Satya menyatakan, khusus untuk tim putri akan dikolaborasikan antara muka lama yang pernah tampil di Porprov IV Banten 2014 lalu di Kota Serang. “Hampir 55 persen skuat kami dihuni wajah lama yang tampil di porprov sebelumnya, 45 persen lagi akan kami ambil dari pemain yang mulai berkembang tapi sudah menunjukkan kualitas yang setara dengan atlet senior. Kalaborasi ini sangat menjanjikan,” ucapnya.

Pada porprov nanti, khusus tim putri ditargetkan meraih medali emas. Untuk mencapai target tersebut, fokus latihan saat ini adalah peningkatan teknik dan taktik. “Kami tidak ingin kecolongan seperti di Porprov IV lalu. Capaian di porprov lalu sangat mengecewakan dan jauh dari harapan. Insya Allah tahun ini kami bisa meraih yang terbaik,” terangnya.

Saat ini, lanjut pria yang akrab disapa Pram, pihaknya masih menunggu hasil seleksi akhir untuk menentukan skuat inti. “Bahkan ada beberapa pemain kami tengah menempuh pendidikan di luar Banten. Kami akan panggil semua pemain terbaik yang dimiliki Cilegon untuk mengikuti seleksi akhir yang direncanakan Maret nanti. Setelah dilakukan seleksi, kami akan langsung mengagendakan tryout sebagai ajang evaluasi,” tandasnya. (dre/ibm/ira/RBG)