Cilegon dan Tangerang Paling Rawan Penyelundupan Narkoba

0
816 views
Kombes Pol Muhamad Nurochman bersama Brigjen Pol Heru Februanto yang didampingi istri-istrinya.

SERANG – Kota Cilegon dan Kabupaten Tangerang merupakan daerah paling rawan penyelundupan narkoba di Banten. Hal tersebut diungkapkan Brigjen Pol Heru Februanto usai serah terima jabatan kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten dari dirinya ke Kombes Pol Muhamad Nurochman di Pendopo Gubernur Banten, Jumat (24/2).

Heru menuturkan, di daerah tersebut penyelendupan narkoba melalui jalur udara, darat, dan air. “Di Dadap, Kabupaten Tangerang, kapal bisa langsung bersandar dekat dengan permukiman warga,” ujarnya.

Karena itu, Heru mengingatkan kepada Nurochman  untuk melanjutkan program yang telah berjalan pada masa kepemimpinannya dan mengungkapkan jaringan-jaringan penyelundup dan pengedar narkoba yang belum terungkap.

“Tahun 2016 ada 16 laporan kejahatan narkoba. Dari 16 itu banyak jaringan yang terungkap, jaringan antar-pulau, antar-provinsi, atau antar-lapas. Saya yakin Pak Nurochman dengan pengalamannya bisa mengungkak jaringan yang belum saya ungkap,” pungkasnya.

Kombes Pol Muhamad Nurochman menggantikan Brigjen Pol Heru Februanto sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi  Banten. Heru Februanto pindah ke Bareskrim Mabes Polri.

Serah terima jabatan dilakukan hari ini di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Jumat (24/2).

Kombes Pol Muhamad Nurochman mengatakan,  langkah awal yang akan dilakukannya yaitu koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Banten.  “Dengan Polda,  pemerintah provinsi, dan unsur-unsur lain,” ujarnya kepada awak media, seusai serah terima jabatan.

Nurochman yang sebelumnya bertugas di Bareskrim Mabes Polri ini mengungkapkan, pihaknya akan mengutamakan pencegahan,  namun tidak mengesampingkan pemberantasan.  “Penindakan akan tegas, apalagi kalau anggota,  lebih-lebih anggota BNN, akan kita tindak tegas,  bila perlu kita pecat,” pungkasnya. (Bayu)