Cilegon Ethnic Carnival 2018 akan Digelar Malam Hari

Nely Evalinda

CILEGON – Bulan April ditetapkan sebagai Bulan Kunjungan Wisata di Kota Cilegon. Ragam hiburan rakyat dan pagelaran acara telah disiapkan untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Tepat di tanggal 27 April tahun ini juga, Kota Cilegon akan menginjak usianya yang ke-19 tahun.

Untuk menarik kunjungan wisatawan, salah satunya dengan kembali menggelar Cilegon Ethnic Carnival (CEC). CEC di tahun 2018 ini memiliki konsep yang berbeda dibandingkan CEC yang telah diselenggarakan sejak 4 tahun sebelumnya. Event CEC yang ke-5 ini akan digelar pada malam hari.

“Event ke-5 CEC ini akan ada sedikit polesan perubahan konsep. Yaitu night carnival. Ini merupakan tantangan bagi tim agar eventnya lebih besar dari tahun 2017 kemarin,” ujar Kabid Pariwisata pada Disparbud Kota Cilegon, Nely Evalinda saat ditemui Radar Banten Online di ruang kerjanya, Selasa (13/3).

Neli mengingatkan CEC tahun 2018 akan digelar pada 28 April, Sabtu malam. Mulai dari pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. “Seperti biasa, kita akan ada pembuatan kostum yang berbeda dari tahun sebelumnya. Lebih berkreasi dan berinovasi lagi,” ucapnya.

Mulai dari persiapan penerangan cahaya lampu hingga petugas keamanan telah dipersiapkan untuk menentukan suksesnya jalan acara. “Dengan event ini kita berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Itu target dari kita agar meningkatkan PAD Kota Cilegon,” katanya.

Ia berharap CEC yang terus digelar setiap tahunnya ini juga akan menghidupkan industri-industri kreatif dan meningkatkan hunian hotel di Kota Cilegon. “Sehingga multiplier effect dari pariwisata itu dirasakan oleh masyarakat sendiri. Akan ada juga stand-stand yang berbau CEC, dengan menghadirkan miniatur kostum dan pernak-pernik CEC,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)