Ratusan atlet taekwondo Banten mengikuti tes UKT sabuk hitam Pengprov TI Banten di GOR Patriot Olahraga Banten, KONI Banten, Cipocokjaya, Kota Serang, Minggu (15/4). Foto:Andre AP/Radar Banten

CILEGON-Tim sepak takraw pelajar Kota Cilegon enggan sesumbar mengenai target pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018 yang akan dilangsungkan di Kabupaten Tangerang, Mei mendatang. Itu mengingat peta persaingan sepak takraw level pelajar di Banten saat ini sudah merata. Meski demikian, sesumbar tim sepak takraw Cilegon optimistis mencuri dua keping medali emas.

Pelatih Sepak Takraw Pusat Latihan Cabang Olahraga Binaan (PLCOB) Cilegon M Jaelan mengatakan, saat ini timnya sedang menjalani pemusatan pelatihan di PLCOB Cilegon. Konsentrasi saat ini adalah meningkatan kualitas pertahanan.

“Sekarang kami fokus menyiapkan tim saja. Urusan target kita serahkan kepada atlet nantinya. Mereka (atlet-red) tentunya ingin meraih prestasi terbaik. Tetapi secara kualitas atlet, kami yakin bisa membawa pulang medali, minimal dua keping medali emas,” kata Jaelani di GOR ASA Sport Senter, Cilegon, Minggu (15/1).

Jaelani menambahkan, untuk meraih prestasi terbaik, tim Cilegon harus lebih mewaspadai kekuatan tim Kabupaten Lebak.

“Kami punya pengalaman kurang mengenakkan atas tim Lebak. Kami pernah bersua tim Lebak di dua kali partai final, dua-duanya kami kalah. Tapi, bukan berarti kami mengenyampingkan kekuatan tim kabupaten kota lain, tapi Lebak punya historis tersendiri dengan kami. Namun untuk popda kali ini, kami lebih siap untuk meraih yang lebih baik,” imbuhnya.

Meski demikian, timnya tetap tidak akan fokus terhadap peta kekuatan tim Lebak saja. Meski ia mengakui kalau Lebak akan menjadi salah satu pesaing terberat.

“Intinya, kekuatan sudah merata lantaran semua daerah melakukan pembinaan rutin. Bukan hanya Lebak yang kami waspadai, tapi semua tim. Kami tidak ingin lengah dan kecolongan lagi,” tegas Jaelani.

Secara kualitas, ia optimistis anak asuhnya mampu bersaing di papan atas pada popda nanti. “Sudah saya bilang tadi, kualitas atlet kami saat ini sangat teruji. Dari hari ke hari kualitas anak-anak terus menunjukkan peningkatan. Tentu saja kami semakin percaya diri,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Cilegon Teten Hertiaman menyatakan, cabor yang berada di bawah binaan PLCOB secara tidak langsung menjadi cabor unggulan kontingen Cilegon di popda nanti.

“Prioritas perolehan medali kami ada di atlet PLCOB. Artinya, seluruh cabor yang ada di PLCOB kami targetkan medali. Popda kali ini harus ada perbaikan peringkat. Target Dispora Cilegon adalah menembus posisi tiga besar. Saya berharap seluruh cabor, baik yang berada di dalam maupun luar PLCOB untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar target menembus posisi tiga besar tercapai,” ucapnya. (dre/ibm/ira/RBG)