Rapat pemantapan menyukseskan penyelenggaran pengusungan obor Asian Games 2018 di Aula Pemkot Cilegon, Jumat (3/8). Turut hadir, ASDP Merak, unsur polisi, dan TNI.

CILEGON – Pemkot Cilegon menyatakan kesiapan menyambut kirab obor Asian Games. Rencananya, obor tiba di Pelabuhan Merak pada 9 Agustus, sekira pukul 09.30 WIB. Rombongan kirab akan disambut langsung Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi dengan iringan tarian selamat datang persembahan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon

Api obor akan diserahterimakan dari INASGOC kepada Edi. Usai penyerahan api obor Asian Games di Merak, rombongan menuju Kota Cilegon melalui jalan protokol hingga Landmark Cilegon. Sampai di situ, api obor diserahkan kepada pelari. Pelari secara estafet menuju Rumah Dinas Walikota Cilegon yang diperkirakan sampai pada pukul 12.00 WIB.

Dinas Pendidikan Kota Cilegon akan mengerahkan ratusan pelajar SD, SMP, dan SMA untuk menyambut rombongan kirab obor dari Pelabuhan Merak sampai dengan lampu merah PCI (perbatasan Cilegon-Kabupaten Serang). Pelajar akan berjejer di sepanjang jalan yang dilalui oleh rombongan dengan membawa bendera merah putih berukuran kecil.

Terdapat delapan titik penyambutan yang dipersiapkan Pemkot Cilegon. Antara lain di Pelabuhan Merak, Lingkungan Medaksa, depan Hotel Pesona, perempatan Damkar, lampu merah Kodim, Tugu Landmark Cilegon, Rumah Dinas Walikota, serta di Sari Kuring Indah hingga PCI.

“Hari Rabu (8 Agustus) kita melaksanakan geladi bersih. Untuk menyiapkan tarian, dan ASDP juga menyiapkan tenda dan sebagainya,” ujar Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi, usai menghadiri rapat pemantapan menyukseskan penyelenggaran pengusungan obor Asian Games 2018 di Aula Pemkot Cilegon, Jumat (3/8).

Edi mengajak seluruh masyarakat Kota Cilegon juga turut memeriahkan kirab obor Asian Games. Pengalihan arus lalu lintas dipastikan terjadi, ia meminta masyarakat memaklumi. Kata dia, menyukseskan kirab obor akan membawa harum nama bangsa Indonesia. “Masyarakat akan kita beri tahu, mana saja rute-rutenya,” katanya.

Meski tanpa menggunakan anggaran dari APBD, Edi mengaku tidak menemukan kendala untuk menyukseskan kirab obor. Kata dia, dukungan dari sejumlah kalangan saling menguatkan. “Ada BUMN, Pertamina, dan lainnya. Spanduk dari bank. Pokoknya ini non-budgeter-lah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon Teten Hertiaman mengatakan, api obor Asian Games yang telah diterima oleh Pemkot Cilegon akan diserahkan kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Serang di depan Perumahan BMW, Serdang. Teten secara langsung yang bertugas menyerahkannya.

“Dari Dinas Pemuda dan Olahraga Cilegon sudah siap. Kita bersyukurlah pemerintah sudah luar biasa. Semua mendukung. Dari KONI sampai jajaran camat akan mengerahkan massanya,” tuturnya. (rbs/ibm/ags)