Cilegon Siapkan Tim Sepakbola Popda

Calon pemain tim sepak bola Cilegon foto bersama dengan pengurus Dispora dan PSSI Cilegon, Minggu (8/3).

CILEGON – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon mulai berbenah menyiapkan tim sepakbola untuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten 2020. Saat ini persiapan memasuki tahap penjaringan calon pemain.

Sekretaris Umum (Sekum) Asosiasi Kota (Askot) PSSI Cilegon Abdul Salam mengatakan, sebanyak 35 calon pemain telah terjaring pada seleksi yang digelar, Minggu (8/3) di Lapangan Damkar, Cilegon. Jumlah tersebut akan kembali dirampingkan menyesuaikan kebutuhan tim.

“Kami ingin mencari pemain bertalenta untuk Popda Banten 2020 di Kota Serang nanti. Seleksi kita lakukan secara ketat agar mendapatkan pemain yang terbaik dan Cilegon bisa menjadi juara,” kata Salam, Rabu (11/3).

Karena target tersebut, sambung Salam, ia mengimbau calon pemain untuk serius menunjukan kualitas permainannya. Meski kerangka tim telah terbentuk tidak menutup kemungkinan ada pergantian pemain.

“Saya berharap pemain yang terpilih nantinya terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan. Walaupun sudah masuk tim, namun bisa digeser jika tidak ada kemajuan. Nantinya akan ada laga uji coba untuk melihat perkembangan selama latihan,” jelas Salam.

Bambang Warsito yang ditunjuk sebagai pelatih tim sepakbola Cilegon mengaku telah mengantongi kualitas permainan 35 peserta seleksi. Penilaian dilakukan saat melakukan tes fisik dan teknik melalui simulasi pertandingan.

“Saya lihat 30 pemain punya kemampuan cukup bagus. Tinggal kita asah lagi saat latihan rutin. Semua punya potensi untuk terus berkembang,” kata Bambang.

Setelah melakukan penilaian, sambung Bambang, data pemain yang dianggap lebih baik diserahkan kepada tim Dispora Cilegon. ”Ada beberapa rekomendasi untuk Dispora Cilegon. Di antaranya pemain yang pernah memperkuat Cilegon di beberapa kejuaraan maupun turnamen. Saya optimistis nama-nama tersebut memiliki kemampuan dan mental yang bagus,” ungkap Bambang. (rbs/aas)