Cilegon Target Finis Tiga Besar pada Popda Banten

Atlet tinju pelajar Cilegon yang tergabung dalam PLCOB Dispora Cilegon berlatih rutin jelang menghadapi Popda IX Banten 2018 di Kabupaten Tangerang, Mei mendatang.

CILEGON – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon menargetkan finis pada posisi tiga besar klasemen akhir Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018 yang akan dilangsungkan di Kabupaten Tangerang, 4-11 Mei mendatang.

Untuk memuluskan target itu, atlet dari sepuluh cabang olahraga yang berada di Pusat Latihan Cabang Olahraga Binaan (PLCOB) menjadi andalan.

Pada Popda IX Banten 2018, Cilegon hanya ambil bagian di 18 cabor, yakni tenis meja, karate, renang, bola voli, bola voli pasir, taekwondo, sepak bola, atletik, pencak silat, tinju, dan bola basket.

Selanjutnya, sepak takraw, bulu tangkis, tarung derajat, gulat, tenis lapangan, senam, dan judo. Cilegon hanya absen di cabor panahan.

Kadispora Kota Cilegon Teten Hertiaman mengatakan, pada Popda VIII Banten 2016 di Kabupaten Pandeglang, kontingen Kota Baja hanya mampu finis di posisi keempat klasemen akhir dengan torehan 75 keping medali, yakni 18 medali emas, 28 perak, dan 29 perunggu.

“Kami optimistis mampu meraih prestasi yang lebih baik di Popda IX nanti. Apalagi kalau melirik peta kekuatan saat ini, kami hanya perlu mewaspadai atlet tiga daerah di Tangerang,” terang Teten kepada Radar Banten, Kamis (26/4) siang.

Teten menambahkan, selain mengandalkan atlet PLCOB, pihaknya telah menyeleksi atlet tambahan terutama untuk cabor yang tidak bernaung di PLCOB. “Seleksi ketat telah kami lakukan untuk mendapatkan atlet terbaik. Kami yakin atlet yang diboyong nanti semuanya memiliki kans meraih medali,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Kota Cilegon Edward juga optimistis, atlet pelajar kota baja mampu menembus posisi tiga besar pada popda nanti.

 “Harus optimistislah. Kami tidak memasang target muluk-muluk. Finis di posisi tiga besar merupakan target yang sangat realistis. Apalagi, saat ini kualitas atlet pelajar kami tengah dalam fase meningkat,” ucapnya.

 Ia mengimbau atlet pelajar, baik yang berada di dalam maupun di luar PLCOB untuk meningkatkan kualitas dengan berlatih semaksimal mungkin agar di popda nanti meraih hasil optimal.

 “Maka kami berharap atlet pelajar Cilegon mampu meraih yang terbaik agar bisa mewakili Banten di berbagai event nasional, salah satunya popwil,” tutup Edward. (dre/ful/dwi/RBG)