Laga Cilegon United melawan Aceh United, beberapa waktu lalu.

SERANG – Laga lanjutan Liga 2 Indonesia zona barat akan menghadirkan derby Banten. Kedua kesebelasan, Cilegon United dan Perserang, akan bentrok di Stadion Krakatau Steel, Selasa (24/7). Pertemuan kedua tim asal Banten itu disebut-sebut akan menyita perhatian penuh bagi para suporternya.

CEO Cilegon United Yudhi Apriyanto mengaku akan menyambut baik kedatangan Laskar Singandaru, julukan bagi Perserang. Tidak ada perbedaan seperti menyambut tim dari provinsi lain. “Melawan Perserang layaknya pertandingan kandang biasa,” ujar Yudhi, saat dihubungi Radar Banten, Minggu (22/7).

Menurutnya, pertandingan melawan Perserang akan dijadikannya sebagai ajang silaturahmi antara tim sepak bola tetangga. Kata dia, sebutan rival hanya saat sedang berada di lapangan. “Rivalitas itu hanya saat pertandingan. Persaingan itu hanya 90 menit berada di lapangan. Setelah itu, kita tetap saudara. Sepak bola itu sejatinya adalah alat pemersatu,” tuturnya.

Yudhi berharap, pertandingan yang akan berlangsung di stadion milik PT Krakatau Steel itu berjalan dengan damai, kondusif, tanpa adanya konflik antar pendukung masing-masing. Ia mengimbau suporter dari kedua tim agar lebih dewasa. “Sepak bola sebagai hiburan. Anarkis, bentrokan, dan keributan jangan sampai terjadi. Ini tujuannya untuk menghibur masyarakat,” ucapnya.

Cilegon United, sambung Yudhi, menghormati Perserang sebagai tim sepak bola yang usianya lebih tua. Yudhi mengaku akan banyak mengambil pembelajaran dari setiap pertandingan melawan Perserang. “Kita (Cilegon United) baru enam tahun berdiri. Kita lebih menghormati Perserang sebagai senior,” katanya.

Menghadapi Perserang nanti, Yudhi mengaku, timnya sudah dalam keadaan yang siap. Ia tidak mau berkomentar terkait prediksi pertandingan nanti. Yudhi hanya menjawab bahwa akan sekuat tenaga menunjukkan permainan terbaiknya.

“Sejauh ini secara mental dan fisik anak-anak (pemain) sudah siap. Setelah tujuh hari kita tur Sumatera, letih itu ada. Tapi, saya yakin mereka (pemain) punya semangat,” ujarnya.

Terpisah, Manajer Perserang Babay Karnawi mengaku, persiapan melawan Cilegon United tidak jauh berbeda seperti melawan klub sepak bola lainnya. Persiapan rutin seperti biasanya.

“Biasa saja. Kita sekarang lagi latihan, besok sore meninjau lapangan. Sama saja, tidak ada persiapan khusus,” katanya.

Babay menjelaskan, bukan hanya saat melawan Cilegon United, target Perserang untuk menang di setiap pertandingan mana pun. “Semua sama. Setiap pertandingan lawan siapa pun. Target kita ingin menang, itu juga untuk mengamankan posisi kita,” ujarnya.

Diketahui, pada pekan ke-9 Perserang masih unggul atas Cilegon United. Tim auhan Bambang Nurdiansyah itu berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 14 poin. Sementara Cilegon United masih berjibaku di papan tengah dengan raihan sepuluh poin. (rbs/ibm/ira/RBG)