Jazuli

SERANG – Rasa cinta terhadap tanah air di kalangan generasi muda semakin luntur sangat berbaya bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bibit-bibit perpecahan dengan mudah ditemukan di jejaring media sosial. Sesama generasi muda saling hasut dan saling meyalahkan.

Hal itu diungkapkan Camat Baros Jazuli usai upacara Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Sukamanah, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Senin (14/8). “Kita saksi bersama, betapa tantangan yang dihadapi kita, khususnya insan muda semakin besar,” ungkapnya.

“Harus ingat bangsa ini didirikan dan merdeka oleh para pemimpin yang jelas miliki komitmen tinggi untuk cinta tanah air. Sekarang bisa disaksikan banyak upaya sana-sini untuk menghancurkan Indonesia,” paparnya.

Kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia, menurut Jazuli harus dipertahankan. Jangan ribut dan jangan saling salahkan antar-golongan, suku maupun agama.

“Dari bangsa lain sudah datang dan eksis di Indonesia. Kalau tidak menumbuhkan kecintaan Indonesia, bisa jadi cepat atau lambat akan dijajah kembali oleh negara lain,” tuturnya.

Pria yang pernah menjabat Kabag Kominfo Kabupaten Serang ini mengimbau agar saling dukung, saling percaya, dan saling membantu sehinggga Indonesia tetap jaya dan merdeka. “Tidak mampu diobok-obok oleh bangsa dan negara lain,” katanya.

upacara Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Sukamanah, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Senin (14/8).

Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Baros memperingati Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Sukamanah, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Senin (14/8). Upacara dihadiri Camat Baros Jazuli, UPTD Pendidikan Kecamatan Baros, Ketua Kwaran Kecamatan Baros Yayan Suriyan, Sekertaris Kwaran Kecamatan Baros Bai dan Pengurus Kwaran Kecamatan Baros.

Diikuti sekira 1.000 anggota Pramuka mulai dari tingkat siaga, penggalang, penegak, dan pandega, upacara berlangsung hidmat. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Ketua Kwaran Yayan Suriyan mengatakan, peringatan Hari Pramuka ini untuk meningkatkan dan memberi pemahaman tenang Pramuka supaya mereka lebih mengenal bagaimana peran Pramuka sesungguhnya.

“Selain itu adanya kegiatan ini demi meningkatkan kinerja, disiplin karakter dari seluruh pengurus dan anggota pramuka di Kecamatan Baros,” tuturnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).