Cipondoh Siap Pertahankan Juara, Gelaran MTQ Kota Tangerang Dibuka

TANGERANG – Kecamatan Cipondoh bertekad mempertahankan gelar juara umum Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XX tingkat Kota Tangerang.  Optimisme itu dikatakan Camat Cipondoh Rizal Ridulloh saat dikonfirmasi Radar Banten, Senin (14/10).

Rizal menegaskan, bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Cipondoh telah menyiapkan para kafilah secara maksimal. “Kebetulan pengurus LPTQ kami seluruhnya pengurus pondok pesantren,” ungkap mantan Kabid Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang itu.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan, melakukan Seleksi Tilawatul Quran (STQ) mulai  dari tingkat kelurahan, pada akhir September lalu. “Sebanyak 10 kelurahan di Kecamatan Cipondoh semuanya mengadakan STQ, setelah itu LPTQ Kecamatan membina para juara STQ tersebut untuk mewakili ke MTQ XX tingkat Kota Tangerang,” tambah pria berperawakan gemuk ini.

Pria yang menjadi inisiator Cullinary Night di Kampung ATM ini menambahkan, pihaknya akan mengirimkan 62 kafillah dalam berbagai cabang MTQ. Selain itu, juga menyiapkan 1.000 orang untuk ikut serta pada pawai ta’aruf MTQ. Mereka terdiri dari majelis taklim, organisasi kepemudaan, marbot masjid, pegawai kecamatan, pegawai kelurahan dan lainnya.

“Semoga pelaksanaan MTQ XX tingkat Kota Tangerang bisa menjadi syiar agama Islam agar masyarakat mencintai Alquran. Juga, semakin mewujudkan Kota Tangerang sebagai Kota Ahlakul Karimah,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan MTQ XX tingkat Kota Tangerang akan digelar Rabu (16/10) hingga Sabtu (19/10) mendatang, di Kecamatan Pinang.

Camat Pinang M Agun Djumhendi Junus selaku tuan rumah juga menegaskan siap merebut kembali gelar juara umum MTQ. “Kami sudah mempersiapkan MTQ sejak lama. LPTQ Kecamatan Pinang melakukan pembinaan pada anak-anak yang sudah berprestasi. Hampir semua kategori lomba kita ikut” ungkapnya.

Ditambahkan Agun, Kecamatan Pinang pernah meraih juara MTQ tingkat Kota Tangerang pada 2016 dan 2017 lalu. Tahun lalu, Pinang menjadi juara dua. “Kami telah berusaha keras untuk mencapai target. Sementara, hasilnya, biar Allah yang menentukan,” tuturnya.

Sebagai tuan rumah MTQ XX Kota Tangerang, Agun memastikan semua persiapan bakal rampung sebelum pelaksanaan. “Saat ini persiapan sudah 80 persen. Venue sudah siap semua. Demikian juga tempat menginap para kafillah. Besok, (hari ini-red) mungkin finishing persiapan,” pungkasnya.

MTQ tahun ini akan mempertandingkan 13 cabang perlombaan MTQ. Di antaranya cabang qiroat sabah, tilawah murotal dan canet, kutub wustha dan ulya serta hifzil hadist, musabaqah fahmil quran, tahfidz, tafsir , dan lainnya. (one/asp)