Ilustrasi

SERPONG – Jelang pemilu, pendataan pemilih masih menjadi kendala Komisi Pemilihan Umum (KPU). Di Kota Tangeran Selatan, kendala itu disiasati KPU dengan video call.

Untuk Tangsel sendiri, target sebanyak 18.985 rumah didata secara door to door. KPU telah menyiapkan 3.905 petugas yang mencoklit, yakni 3.797 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), 162 orang petugas pemungutan suara (PPS), 21 orang panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan KPU Kota Tangsel 5 orang. Hasil pendataan pemilih untuk tahap penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Tangsel Muhammad Subhan menyatakan, petugas pencok litan bisa melakukan video call dengan pemilih, untuk meminta data. Pencocokan dan penelitian (coklit) ini mekanismenya terdiri dari perbaikan data pemilih, mencatat pemilih baru, dan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat.

”Pelayanan tersebut untuk memudahkan petugas dalam pendataan. Sebab, banyak juga masyarakat yang tak selalu berada di rumah,” katanya. Senin (16/4).

”Tujuannya, untuk memaksimalkan data pemilih. Sebanyak 929.157 daftar pemilih yang bakal dicoklit.” terangnya.

Pemilih untuk Pemilu 2019, dimulai hari Selasa (17/6) hingga 16 Mei mendatang. Pelaksanaannya dilakukan serentak se-Indonesia. Pendataan akan berjalan selama 30 hari penuh. ”Untuk itu, kami berharap masyarakat bisa menyiapkan persyaratan pendataan seperti KTP-el dan kartu keluarga,” katanya.

Terakhir sebagai informasi, petugas coklit akan menggunakan seragam berupa topi pantarlih, pakaian seragam hitam dan tag name. Serta sebuah ban lengan di sebelah kanan bertuliskan pantarlih. ”Untuk membangun kepercayaan, petugas saat mendata akan mengenakan seragam resmi,” ucapnya.

Komisioner KPU Kota Tangsel lainnya, Bambang Dwitoro menyatakan, sesuai dengan instruksi KPU Pusat, petugas Pantarlih wajib melakukan sedikitnya lima rumah dicoklit. ”Gerakan coklit serentak sebagai upaya mewujudkan daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir,” ucapnya.

”Kegiatan ini, merupakan rangkaian spektakuler dan prioritas KPU pusat yang nantinya pemecahan rekor Muri,” ungkapnya. (you/asp/RBG)

BAGIKAN