Covid-19 Ibarat Kiamat Kecil

0
719 views
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, berbincang dengan Dewan Penasehat SMSI Banten Mashudi, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus usai acara pelantikan.

SERANG – Hampir setahun pandemi Covid-19 menimpa seluruh Indonesia tak terkecuali Banten. Semua sektor pembangunan berbagai bidang terhambat pandemi Covid-19. Kondisi ini ibarat kiamat kecil. Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memberikan sambutan pada acara Pelantikan Pengurus SMSI Provinsi Banten Masa Bakti 2020-2025 di Pendopo Lama Gubernur Banten, Jumat (4/12).

Andika mengatakan, pandemi Covid-19 hingga kini mengalami tren peningkatan. Pemerintah tengah menyiapkan vaksin Covid-19 sebagai langkah antisipasi memutus mata rantai penyebaran wabah. “Pandemi Covid-19 ini ibarat kiamat kecil yang berdampak terhadap berbagai bidang,” ujarnya.

Dikatakan Andika, dampak Covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap bidang kesehatan. Tapi bidang lainnya seperti, pendidikan, sosial, bahkan bidang infrastruktur. “Kami sedang bekerja keras memulihkan kembali ekonomi daerah yang disinergikan dengan pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Andika mengungkapkan, keberadan SMSI yang lahir di Banten untuk Indonesia diharapkan terus menguatkan diri di tingkat nasional, serta memberikan kontribusi terhadap pembangunan di provinsi Banten.

“Bagaimana SMSI ini sebagai wadah perusahaan media harus memberikan kontribusi pembangunan Banten di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Andika mengatakan, perkembangan teknologi informasi berjalan begitu cepat. Ditandai meningkatnya pengguna smartphone sebanyak 200 persen dalam kurun waktu 2014 hingga 2019. Di Banten, pengguna internet tahun 2019 sebanyak 7,5 juta jiwa, penggunaan internet itu sebagian besar dari smartphone. “Penguatan koordinasi dengan pemerintah daerah harus ditingkatkan sehingga bisa disinergikan untuk dapat memberikan informasi pembangunan daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus mengatakan, SMSI lahir di Banten pada tanggal 21 maret 2017 dan telah menjadi Konstituen Dewan Pers pada 29 Mei 2020 dan telah memiliki 1.224 anggota seluruh Indonesia. “SMSI dari Banten Untuk Indonesia. Artinya, SMSI tidak terpisahkan dari masyarakat Banten dan semoga dapat menjadi mitra pemerintah daerah seluruh Indonesia,” terangnya.

Pada bagian akhir, Ketua SMSI Provinsi Banten Lesman Bangun mengatakan, SMSI hadir sebagai wadah informasi kepada masyarakat yang berbasis digital. “Pemberitaan pencegahan Covid-19  berperan penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan tentunya kami siap menjadi mitra pemerintah,” pungkasnya. (fdr/air)