JAKARTA – Banyak cara agar lagu-lagu nasional tetap dicintai dan diminati masyarakat terutama generasi muda. Salah satunya dengan menggubah lagu tersebut. Inilah yang coba dilakukan penyanyi hip hop Crystal Opera.

Selama 10 tahun terakhir bermusik melalui jalur underground, penyanyi hip hop Crystal Opera mencoba peruntungan melalui jalur yang tidak mainstream. Uniknya, ia berkreasi dengan lagu nasional perjuangan Tanah Air ciptaan Ibu Soed. Ini jadikannya sebagai lagu unggulan.

“Lagu Tanah Air dipilih karena bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17-an Agustus. Jadi momentumnya itu pas,” kata Crystal

Crystal mengaku sempat merasa khawatir lagu itu tak diterima oleh masyarakat. “Kalau beban sih sebenarnya iya. Tapi waktu lagu didengarkan ke masyarakat umum, responnya bagus,” sambungnya.

Disinggung mengenai videoklip lagu Tanah Air, pemilik nama asli Emil ini mengaku dibuat di Singapura. “Meskipun dibuatnya di Singapura, cerita yang diangkat adalah bercerita perjuangan orang Indonesia di perantauan. Jadi tetap cinta Indonesia,” katanya.

Emil mengaku yakin ke-19 lagu yang ada di album keduanya ini akan bisa diterima masyarakat. “Penyanyi yang biasa di jalur indie, sangat biasa albumnya tidak laris. Kalau hasilnya tidak seperti yang diharapkan, biasa saja,” katanya. (flo/jpnn)***