LEBAK – Perjalanan Cecep Sumarno-Didin Saprudin (CS-DS) maju sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak dari jalur calon perseorangan akhirnya kandas. CS-DS gagal menjadi pesaing Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi (petahana) pada Pilkada Lebak 2018 setelah KPU Lebak memutuskan bahwa pasangan itu tak memenuhi syarat.

KPU Lebak menyatakan CS-DS tidak memenuhi syarat dalam mencalonkan diri melalui jalur perseorangan lantaran pada tahap pendaftaran yang di buka KPU sejak 12-14 Februari 2018, tidak melampirkan Surat Pencalonan (model B-KWK), Surat Pernyataan Tidak Akan Mengundurkan Diri Sebagai Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati (model B3 – KWK).

“Kami (KPU-red) menyatakan CS-DS tidak memenuhi syarat dalam pencalonan, karena dalam pendaftaran tersebut pihaknya hanya melampirkan satu syarat dalam pencalonan, yaitu hanya BA7-KWK perseorangan (rekapitulasi dukungan-red) saja,” kata Ketua Divisi Teknis Pencalonan KPU Lebak Sri Astuti Wijaya saat dihubungi Radar Banten, Jumat (16/2).

Dijelaskan Sri, bahwa syarat sah yang wajib atau mutlak harus ada dalam syarat pendaftaran sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2017, yaitu harus melampirkan B-KWK, B3-KWK dan BA7-KWK, namun saat pendaftaran berlangsung pihak CS-DS hanya melampirkan satu poin saja dalam pendaftaran.

“Pada ujung waktu di hari terakhir, Rabu (14/2) jam 23.45 WIB pihak CS-DS datang ke KPU untuk mendaftar. Kita terima secara seremonial pendaftarannya. Saat dilakukan kroscek terhadap berkas syarat pencalonan kita menemukan tidak lengkapnya ketiga poin yang harus ada,” kata Sri.

Oleh karena itu, kata Sri, KPU menyatakan pendaftaran CS-DS melalui jalur perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat dan berkas dukungan yang dibawa KPU serahkan kembali.

“Tidak ada perbaikan, karena pihaknya mendaftar di hari terakhir, kalau saja daftarnya pada tanggal 12 atau 13 masih ada perbaikan satu hari. Namun sampai saat ini berkas dukungan yang kita serahkan belum saja diambil, informasinya akan diambil sore ini,” ungkap Sri. (Omat/twokhe@gmail.com).