CS-DS Laporkan KPU Lebak ke DKPP

0
912 views
Cecep Sumarno

SERANG – Pasangan jalur perseorangan Cecep Sumarno (CS) dan Didin Saprudin (DS) melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), karena dinilai telah melakukan pelanggaran kode etik administrasi.

Bakal calon jalur perseorangan Bupati Lebak Cecep Sumarno (CS) mengatakan seharusnya KPU Kabupaten Lebak bersikap profesional. “Karena sudah terbukti di putusan sidang pertama, bahwa mereka (KPU) telah melakukan pelanggaran kode etik administrasi, terutama tidak tata tertib dan tidak profesional,” kata dia di Bawaslu Provinsi Banten, Kelapa Dua, Kota Serang, Jumat (26/1).

Dijelaskan Cecep, dari awal KPU Lebak tidak ingin melaksanakan putusan Panwaslu. Menurutnya, sampai sekarang ada beberapa fakta yang tidak mereka sampaikan dari pihak majelis.

“Bahwa dalam melaksanakan penghitungan telah melakukan mal administrasi. Mereka (KPU Lebak-red) tidak tertib. Mereka tidak menggunakan atribut, mereka tidak steril,” katanya.

“Kita rugi di waktu. Bahkan putusannya yang ketiga seharusnya melanjutkan silon 10 hari. Tapi kami diberikan 3 hari. Kami jumlah dukungan sudah melampaui batas minimal.”

Pada tahapan Pilkada Lebak, bapaslon jalur perseorangan ini, merasa ada ketidakadilan dan perbedaan dengan bapaslon jalur petahana. Pihaknya harus menunggu penetapan calon pada 28 Februari. “Sedangkan verfak (verifikasi faktual) dan vermin (verifikasi administrasi) tidak dirubah waktunya. Dari pihak kami waktunya diberikan keterbatasan,” katanya.

Sedangkan dari jalur petahana, diberikan waktu putusan penetapan calon pada 13 Februari. Ia menilai akan merugikan pihaknya dengan adanya perbedaan waktu ini. “Sedangkan dari petahana sudah jauh ke depan nanti melakukan kampanye. Sedangkan kami berkutat melaksanakan verfak vermin,” ungkapnya.

“Ada istilah dituduh mempreteli KPU Lebak. Padahal itu untuk perbaikan. Mereka merasa benar sendiri. Kita cukup malu. Kita sudah sesuai aturan hanya di Kabupaten Lebak ini tidak melaksanakan proses Pilkada yang sesuai.” Ia berharap KPU Lebak bersikap profesional, jujur dan tertib. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)