Cuaca Buruk, Anyer Sepi Pengunjung

0
1.018 views
Salah satu pengunjung tengah menikmati suasa sore pantai Sambolo, Anyer, Kabupaten Serang, kemarin, Sabtu (3/12).

SERANG – Cuaca yang tidak baik beberapa hari terakhir memberikan dampak tidak baik untuk pariwisata di kawasan Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang. Diketahui, hujan dan disertai angin kencang menerpa sejumlah kawasan wisata di Banten, salah satunya kawasan wisata di Kabupaten Serang.

Humairoh, salah satu pedagang makan tradisional di kawasan pantai Sambolo, Anyer, Kabupaten Serang, menuturkan, cuaca yang tidak baik ini membuat kunjungan ke pantai tersebut sepi, meski di akhir pekan.

“Hujan dan angin kencang kaya gini udah dari kemarin pak, biasanya sih gak segini yang datang,” papar Humairoh sambil membawa barang jajakannya, otak-otak kepada Radar Banten Online, kemarin, Sabtu (3/12).

Humairoh lanjut menuturkan, biasanya, saat cuaca normal, pengunjung sudah ramai di pantai sejak pagi, dan terus berdatangan hingga sore hari.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorolgi Klamatologi dan geofisika (BMKG) di Serang, Parmin, mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat ancam wilayah di Provinsi Banten selama sepekan ini. Ini terjadi karena terdapat Siklon Tropis di Laut Cina Selatan sebelah Barat Filipina dan beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat berdurasi cukup lama disertai kilat/petir dan angin kencang.

Selain di Banten, hal tersebut pun diprediksi terjadi di sekitar wilayah Indonesia lainnya. Seperti, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat bagian Barat dan Selatan, Jawa Tengah bagia Timur dan Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat bagian Barat, Kalimantan Barat bagian Barat dan Utara, Kalimantan Tengah bag Utara, Kalimantan Timur bag Utara, Kalimantan Utara, Maluku bag Utara dan Tengah, dan Papua bagian Utara dan Tengah.

Parmin pun menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan cuaca tersebut seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Pantauan Radar Banten Online kemarin, sepajang gari pantai di wilayah Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, pantai nampak lengang, bahkan di kawasan Sambolo I, puluhan saung yang disediakan untuk pengunjung nampak kosong.

Kondisi pantai pun terlihat kurang bersahabat untuk bermain, boat dan banana boet nampak tidak beroperasi, ombak terlihat cukup besar dengan intensitas yang banyak. Begitu juga dengan angin, hingga memaksa sejumlah pengunjung mengganjal tikar dan pakaiannya agar tidak terbawa angin. (Bayu)