Cuaca Buruk, Balawista Jaga Ketat Lokasi Wisata dan Himbau Wisatawan Untuk Hati-hati

0
776 views
Sejumlah wisatawan sedang menhabiskan akhir pekan di kawasan wisata Carita, Kabupaten Pandeglang, Minggu (4/12). (Foto: Dokumen Balawista Banten)

SERANG – Cuaca buruk terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Banten beberapa hari terakhir, termasuk di sejumlah wilayah pariwisata seperti di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Karena itu, Balawista Banten menghimbau kepada para pengunjung untuk berhati-hati saat menghabiskan hari di kawasan pantai.

Humas Balawista Banten, Lulu Jamaludin, mengatakan, cuaca buruk ini diprediksi akan terjadi di Banten hingga beberapa hari kedepan. Informasi yang diterima pihaknya, cuaca dengan curah hujan yang cukup besar akan terjadi hingga 8 Desember 2016 nanti.

“Ketinggian ombak rata-rata satu sampai dengan dua meteran untuk kawasan selat sunda dan dua sampai tiga meter untuk kawasan selatan Banten, angin berhembung cukup kencang,” ujar Lulu melalui sambungan telepon seluler, Minggu (4/12).

Untuk di kawasan Carita, Kabupaten Pandeglang, pengunjung pantai masih terlihat cukup ramai, karena itu, pihaknya menerjunkan 35 personel Balawista dengan enam posko untuk terus berjaga-jaga.

Suasana Pantai Sambolo, Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (3/12) kemarin. Nampak pantai lengang dari pengunjung. Kondisi tersebut berbeda dengan akhir pekan biasanya.
Suasana Pantai Sambolo, Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (3/12) kemarin. Nampak pantai lengang dari pengunjung. Kondisi tersebut berbeda dengan akhir pekan biasanya.

Personel Balawista pun menurut Lulu diterjunkan di sejumlah titik pariwisata lain, seperti Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Sawarna di Kabupaten Lebak, dan Cinangka di Kabupaten Serang.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Meteorolgi Klamatologi dan geofisika (BMKG) di Serang, Parmin, mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat ancam wilayah di Provinsi Banten selama sepekan ini. Ini terjadi karena terdapat Siklon Tropis di Laut Cina Selatan sebelah Barat Filipina dan beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat berdurasi cukup lama disertai kilat/petir dan angin kencang.

Selain di Banten, hal tersebut pun diprediksi terjadi di sekitar wilayah Indonesia lainnya. Seperti, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat bagian Barat dan Selatan, Jawa Tengah bagia Timur dan Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat bagian Barat, Kalimantan Barat bagian Barat dan Utara, Kalimantan Tengah bag Utara, Kalimantan Timur bag Utara, Kalimantan Utara, Maluku bag Utara dan Tengah, dan Papua bagian Utara dan Tengah. (Bayu)