Cuaca Buruk, KSOP Kelas I Banten Surati Perusahaan Pelayaran dan Nahkoda Kapal

0
674 views
ilustrasi (Foto: Istimewa)

CILEGON – Kepada Perusahaan Pelayaran dan Nahkoda Kapal, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten Abdul Aziz meminta agar lebih waspada dalam berlayar pada cuaca buruk cuaca yang tengah terjadi saat ini. Bahkan surat himbauan secara resmi telah dilayangkan untuk menyikapi hal tersebut.

“Untuk keamanan dan keselamatan berlayar kami menghimbau agar kapal-kapal yang berada di Pelabuhan Banten dan kapal-kapal yang melintas di perairan selat sunda agar berhati-hati. Serta melihat informasi kondisi cuaca dari BMKG,” ujar Abdul saat dihubungi wartawan melalui telepon selular, Selasa (6/12).

Diungkapkan Abdul, pelayangan surat pemberitahuan tersebut sudah dilakukan dari tanggal 28 September lalu yang mengacu tentang peningkatan kewaspadaan terhadap cuaca buruk di wilayah Pelabuhan Banten.

“Jadi ini merujuk dengan Undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, selain itu juga Peraturan Pemerintah nomor 61 tahun 2009, sebagai mana telah di ubah dengan nomor 64 tahun 2015,” ucapnya.

Selain itu, sambung Abdul, mengacu tentang Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 2010 tetang kenafigasian, dan Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2010 tentang perlidungan lingkungan Maritime. “Jadi dengan kondisi cuaca demikian saya minta kepada para nahkoda untuk lebih meningkatkan keselamatan penumpang,” katanya. (Riko)