Cuaca Buruk, Lebak Paling Rawan Bencana

0
457 views
Pengendara sepeda motor tengah melintas di jalan Syeh Nawawi, Kecamatan Curug, Kota Serang, sambil mengenakan jas hujan.

SERANG – Cuaca buruk yang menimpa sejumlah daerah di Provinsi Banten beberapa hari terakhir menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, dari delapan kabupaten kota, Kabupaten Lebak yang paling rawan terjadi bencana seperti longsor dan banjir.

Informasi tersebut Radar Banten Online himpun dari Pusat Data dan Pengendalian Operasional (Pusdalop) BPBD Provinsi Banten. “Untuk rinci daerah mana saja yang terkena cuaca ekstrim silahkan hubungi BMKG, tapi kita tetap melakukan pengawasan,” ujar operatur Pusdalop BPBD Provinsi Banten Heri melalui sambungan telepon seluler, Rabu (1/2).

Sejauh ini, lanjut Heri, BPBD Provinsi Banten belum menerima laporan bencana atau dampak buruk dari cuaca buruk ini. Namun, menurut Heri BPBD tetap siaga menghadapi segala kemungkinan yang ada.

BPBD pun berharap agar masyarakat Banten lebih waspada akan potensi dampak buruk cuaca ekstrim ini. Terlebih masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, perbukitan, dan dekat dengan aliran sungai.

Cuaca ekstrim sendiri diketahui terjadi di sejumlah daerah di Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan sejumlah daerah di Tangerang Raya. Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di daerah tersebut. (Bayu)