Cuaca Buruk, Tangkapan Ikan Nelayan Labuan Menurun

Nelayan Labuan
Sejumlah nelayan memperbaiki perahu yang bersandar di Pantai Teluk, Kecamatan Labuan, Rabu (13/1/2016). (Foto: Herman)

LABUAN – Tangkapan ikan nelayan Labuan dalam enam bulan terakhir ini menurun. Selain karena faktor cuaca, minimnya hasil tangkapan juga disebabkan keterbatasan alat tangkap yang dimiliki nelayan.

Kondisi itu tentu saja berdampak terhadap jumlah pasokan ikan ke tempat pelelangan ikan (TPI) 2 Teluk, Labuan.

Data di TPI 2 Labuan tahun 2015 tercatat, pasokan ikan ke TPI pada Juli hanya 38.247 kilogram, Agustus 36.096 kilogram, September 28.987 kilogram, Oktober 16.638 kilogram, dan November 17.430 kilogram.

Pada Desember, diinformasikan juga menurun, tetapi sedang direkapitulasi petugas.

Ditemui di kantornya, Petugas Pengelola TPI 2 Teluk Encep mengatakan bahwa pada 2015, tangkapan ikan terbanyak hanya terjadi pada Mei, yakni 46.729 kilogram. “Oleh karena itu, kami berharap cuaca di awal tahun 2016 mendukung sehingga hasil tangkapan tahun ini bisa lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” harapnya, kemarin.

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kecamatan Labuan Asep Enedi membenarkan, selama enam bulan terakhir tangkapan ikan merosot. “Tangkapan itu menurun karena pada enam bulan terakhir tahun lalu itu memasuki cuaca buruk. Namun, di tahun ini kami berharap itu tak terjadi lagi agar hasil tangkapan bisa lebih banyak,” katanya. (RB/mg-05/zis/dwi)