Cuaca di Banten Sekarang Dingin seperti di Puncak, Ini Kata BMKG

0
1738

SERANG-Beberapa hari ke belakang, udara di Banten terasa lebih dingin seperti layaknya di daerah Puncak, Bogor, Jabar, terutama pada saat malam dan pagi hari.

BMKG menyebut kondisi itu terjadi karena cuaca di Banten cenderung selalu berawan dan terjadi hujan pada pada siang hingga malam hari.

“Penyinaran matahari di wilayah Banten rata-rata pada periode tersebut kurang dari 8 jam, sehingga mengurangi pemanasan di permukaan bumi, ” ungkap Kabid Data dan Informasi Balai BMKG Wilayah II 7 Tangsel Sutiyono.

Kondisi tutupan awan yang banyak di Banten ini juga disebabkan adanya gangguan atmosfer di Samudra Hindia Barat Sumatra dan Jawa yaitu adanya tekanan rendah dan pasokan massa udara basah yang banyak sehingga kelembaban udara juga semakin tinggi.

Dengan demikian, sambung Sutiyono, kemungkinan terjadi hujan juga semakin tinggi.

“Ketika awan dengan masa udara basah sudah jenuh maka akan turun menjadi hujan dan ketika hujan terjadi terus menerus suhu udara akan mengalami penurunan sehingga menjadi lebih dingin dari biasanya,” urainya.

Suhu udara minimum di Banten yang tercatat di Stasiun Meteorologi Maritim Serang, Stasiun Meteorologi Curug dan Stasiun Meteorologi Soekarno Hatta selama satu minggu terakhir berkisar antara 22.6 hingga 24.9 derajat celcius. Berdasarkan data tersebut, kondisi suhu minimum masih masuk dalam kategori normal.

Lalu bagaimana dengan suhu udara beberapa hari kedepan?

Sutiyono mengataka, fenomena ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir bulan Juni 2021

Di akhir perbincangan, Sutiyono mengajak masyarakat yang ingin mendapatkan informasi cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem, bisa mengakses akun media sosial kami di Instagram dan Twitter @bmkgwilayah2, Facebook @BBMKG2 ataupun website kami di www.balai2.bmkg.go.id. Informasi MKG untuk seluruh wilayah Indonesia juga bisa diakses dengan mengunduh aplikasi “InfoBMKG” di Google play ataupun App Store. (A Lutfi)