Cuaca Ekstrem, Bupati Lebak Imbau Warga agar Lebih Waspada

LEBAK – Cuaca ekstrem saat ini membuat Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya khawatir. Ia pun mengimbau agar masyarakat lebih waspada, terutama bagi yang rumahnya berdekatan dengan pohon, laut, serta berada di dekat tebing.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lebak agar meningkatkan kewaspadaan, mengingat cuaca beberapa hari ini cukup ekstrdm,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya pada sambutan di acara Riung Mungpulung HUT ks-189 Lebak yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Lebak, Sabtu (2/12).

Iti menambahkan, bagi warga Lebak yang rumahnya dekat dengan pohon, tebing atau dataran tinggi lainnya, yang sekiranya dapat menjadi bencana alam agar warga mengungsi duku ke rumah sanak saudara hingga cuaca aman.

“Selama cuaca ekstrem yang terjadi saat ini dan menimpa warga Kabupaten Lebak, alhamdulillah semua bencana atau musibah tersebut tidak menelan korban jiwa,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, 117 rumah di sembilan kecamatan rusak akibat hujan deras dan angin kencang. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, sembilan kecamatan yaitu Sobang, Cihara, Wanasalam, Gunung Kencana, Malingping, Cirinten, Panggarangan, Cipanas, dan Kecamatan Warungggunung dengan kerugian mencapai Rp500 juta. (Omat/twokhe@gmail.com).