Cuaca Ekstrem, Kapal Tanker Terbalik di Pulorida

0
536 views

CILEGON – Cuaca buruk yang terjadi di Selat Sunda dalam sepekan terakhir membuat kapal tanker di Pantai Pulorida, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Pulomerak, karam, Kamis (8/12).

Kapal kosong yang berwarna dominan cokelat dan hijau itu sudah berada di Pantai Pulorida sejak sebulan lalu. Belum diketahui pemilik yang memarkirkan kapal di lokasi tersebut. Kapal yang karam menjadi tontonan warga.

Setengah bagian kapal sudah dalam posisi tenggelam. Bagian permukaan kapal sudah terlihat berkarat dan tidak terurus oleh pemilik.

Salah satu warga yang ditemui di lokasi, Asep Sunandar mengatakan, hampir setiap hari ia memancing di lokasi tersebut. Namun, belakangan lantaran cuaca buruk terkadang memutuskan tidak berangkat. “Waktu Rabu (7/12) lalu kapal ini belum terbalik, tetapi hari Kamis (8/12) posisinya sudah terbalik,” katanya, Jumat (9/12).

Sepengetahuannya, kata Asep, tidak terdapat aktivitas apa pun di atas kapal sejak awal kapal sandar. “Sepertinya ini kapal sudah tidak terpakai, dari sebulan lalu ditaruh di sini tapi tidak ada awak kapal di situ,” ujarnya.

Terpisah, Ditrektur Polisi Air (Dit Polair) Polda Banten Kombes Pol Imam Thobroni mengatakan, kapal karam sejak Kamis (8/12). “Untuk penyebabnya diduga karena cuaca buruk yang melanda Selat Sunda, kebetulan saat Kamis gelombang cukup tinggi,” ungkapnya.

Diungkapkan Imam, kapal sudah tidak beroperasi dan menjadi kapal tak bertuan. Ia mengaku masih mencari pemilik kapal nahas itu. “Kapal itu sudah sekira dua minggu terparkir di situ (Pantai Pulorida-red), sekarang kami juga masih mencari pemilik kapal tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilegon Purwadi mengaku sempat menerima surat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten terkait cuaca ekstrem yang terjadi mulai 4 hingga 8 Desember. “Kalau dari peringatan BMKG wilayah Banten bakal terjadi hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi, termasuk di sekitar Merak,” ungkapnya.

Tak hanya sampai 8 Desember, BPBD Cilegon juga menerima peringatan kembali perihal cuaca ekstrem yang bakal terjadi. Kata dia, untuk di Cilegon cuaca ekstrem diprediksi bakal terjadi dari sore hingga dini hari. “Kalaupun sekarang tidak terlihat cuaca ekstrem kami imbau agar warga tetep waspada dengan kemungkinan cuaca ekstrem terjadi,” imbaunya.(Hairul Alwan/Radar Banten)