Cuaca Kurang Bersahabat, Kunjungan Wisata Ke Banten Menurun 10 Persen

0
801 views
Seorang anak sedang berlari menyambut ombak di Pantai Sambolo, Kecamatan Anyar, Senin (26/12). Sejumlah anak memanfaatkan libur sekolah dengan berwisata ke pantai.

SERANG – Cuaca buruk yang terjadi beberapa terakhir di sejumlah daerah di Provinsi Banten berdampak kurang baik kepada kunjungan wisata di Provinsi Banten. Setidaknya, penurunan kunjungan wisata terjadi sebanyak 10 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Banten Achmad Sari Alam mengatakan, penurunan tersebut mengacu pada tingkat kunjungan hotel dan restauran yang ada disekitar wisata di Provinsi Banten seperti Anyer di Kabupaten Serang, dan Carita di Kabupaten Pandeglang. “Pengaruh cuaca buruk tentu ada, namun tidak terlalu signifikan,” ujar Sari Alam melalui sambungan telepon seluler, Minggu (5/2).

Sari Alam menjelaskan, dampak cuaca buruk bisa diminimalisir dengan tingkat publikasi pariwisata. Karenanya, Sari Alam mengaku akan meminta kepada Dinas Pariwisata Provinsi Banten untuk meningkatkan publikasi terkait wisata-wisata di Banten.

Banten yang dekat dengan ibu kota negara menjadi nilai lebih dibandingkan dengan daerah wisata lainnya. Terlebih saat ini di daerah wisata unggulan yang juga dekat dengan Jakarta seperti Bandung dan Bogor sering terjadi kemacetan, sehingga membuat wisatawan perlu waktu berjam-jam untuk mencapai lokasi wisata.

“Ke Bandung bisa empat jam sampe lima jam karena macetnya itu, sedangkan ke kita hanya butuh waktu satu jam atau dua jam saja lewat tol, nah ini harus kita manfaatkan. Dan untuk mendorongnya dengan cara publikasi,” ujarnya. (Bayu)