Daftar Harga Ikan Mujair Terbaru 2021

0
3181

Ikan mujair merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak kandungan protein. Ikan ini sangat cocok dijadikan sebagai konsumsi sehari – hari. Menariknya lagi harga ikan mujair di pasaran juga tidak terlalu mahal. Oleh karena itu ikan air tawar tersebut menjadi favorit banyak orang. di warung – warung pecel lele misalnya, pasti ikan mujair tersedia. Bahkan bisnis budidaya ikan jenis ini juga sangat digandrungi masyarakat karena menghadirkan potensi ekonomi yang menjanjikan.

Banyak yang menganggap bahwa ikan mujair sama dengan nila. Memang kedua jenis ikan air tawar tersebut memiliki banyak kemiripan. Tetapi terdapat perbedaan jelas di antara keduanya. Pada artikel ini, kami akan rangkum untuk apa saja manfaat ikan mujair tersebut serta daftar harga terbarunya.

Karakteristik Ikan Mujair

Walaupun ikan mujair mudah ditemui di berbagai tempat di Indonesia, nyatanya ikan jenis ini bukan berasal dari Indonesia. Mujair merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di perairan afrika. Ikan jenis ini mudah dibudidayakan, sehingga penyebarannya luas.

Mujair memiliki nama ilmiah Oreochromis Mossambicus. Ikan ini sering juga disebut sebagai Java Tilapia, karena hampir di seluruh pulau Jawa ikan jenis ini dapat ditemukan. Ikan mujair juga sangat mudah dikenali karena ciri – cirinya sangat kentara.

Mujair memiliki warna tubuh abu – abu krem, serta panjang tubuhnya bisa mencapai 40 cm. Dibagian punggung atau dorsal terdapat sirip seperti duri tajam, yang jumlahnya bisa mencapai 15 – 17 duri. Saat menangkap mujair bagian ini perlu dihindari karena sangat tajam.

Mujair juga memiliki sirip pada bagian anal, dan terdapat duri pada sirip belakang tersebut. Bentuk badannya sendiri agak pipih dan memanjang, dan warnanya cenderung abu – abu kehitaman. Mujair mengkonsumsi segala hal, sehingga ikan ini sangat mudah beradaptasi.

Perbedaan Nila dan Ikan Mujair

Membedakan ikan nila dan mujair sebenarnya sangat mudah, karena jika dilihat secara seksama terdapat jelas perbedaannya. Contohnya saja pada bagian kepala, ikan mujair memiliki ukuran kepada lebih besar dibanding nila. 

Selain itu ukuran tubuh mujair juga jauh lebih pendek dan kecil dibanding ikan nila. Perbedaan lain yang jelas terlihat adalah pada corak tubuhnya. Pada ikan mujair terdapat corak berupa bintik – bintik hitam. Sedangkan pada nila coraknya garis – garis vertikal.

Ikan nila biasanya memiliki corak garis pada tulang ekornya, sedangkan ikan mujair sendiri tulang ekornya hanya berwarna hitam. harga ikan mujair biasanya hampir sama dengan ikan nila, tergantung pada ukuran dan kondisi kesegaran ikan tersebut. 

Prospek Budidaya Ikan Mujair

Memanfaatkan ikan mujair untuk kebutuhan budidaya jelas sangat menjanjikan, karena ikan jenis ini mudah dirawat serta sangat diminati di pasaran. Pakan ikan mujair tidak sulit didapatkan. Anda bisa menggunakan pelet atau juga umbi – umbi dan sayur – sayuran.

Ikan jenis ini sangat rakus, sehingga pertumbuhannya sangat cepat. Selain itu mujair juga salah satu jenis ikan air tawar yang rutin berkembang biak. Jadi anda bisa mendapatkan hasil panen yang sangat melimpah. Ikan mujair umumnya sudah bisa dipanen dalam waktu 3 bulan hingga 6 bulan.

Ikan mujair memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih, sehingga sangat layak dijadikan konsumsi. Selain itu harganya juga sangat terjangkau, sehingga permintaan di pasaran selalu tinggi. Oleh karena itu budidaya mujair merupakan salah satu peluang ekonomi yang sangat menjanjikan. 

Harga Ikan Mujair Saat Ini

Di setiap daerah di Indonesia umumnya memiliki harga ikan yang berbeda – beda. Meskipun demikian tidak perlu khawatir karena ikan mujair tersebut masih sangat terjangkau. Biasanya ikan mujair ada yang dijual dalam bentuk beku, atau juga dalam keadaan fresh.

Untuk ikan mujair yang baru ditangkap atau masih segar, harga perkilonya hanya sekitar Rp 35.000,- saja. Sedangkan untuk ikan mujair beku, harga perkilonya sekitar Rp 24.000,- saja. meskipun beku, tetap saja kualitasnya tidak jauh berbeda dengan ikan segar.

Saat ini ikan mujair sudah bisa dibeli secara online. Jadi jika anda ingin mengkonsumsinya sebagai lauk, bisa memesannya lewat marketplace favorit anda. Itulah sedikit informasi tentang harga ikan mujair saat ini. (*)