AKSI gigitan Luis Suarez terhadap Giorgio Chiellini masih menjadi pembicaraan. Namun ternyata, Suarez bukanlah satu-satunya atlet yang terkenal karena suka menggigit.

AFP mencatat ada lima atlet lain yang pernah melakukan aksi yang terhadap lawannya. Lima Atlet tersebut berasal dari cabang olahraga berbeda. Berikut daftarnya:

1. Mike Tyson

Pada 1997 mantan juara dunia kelas berat Mike Tyson melakukan pertadingan ulang menghadapi Evander Holyfield. Gusar karena tak terus mendapat serudukan Holyfield, Mike Tyson yang memiliki tubuh jauh lebih pendek melawan dengan sebuah gigitan ke arah telinga Holyfield.

Wasit Mills Lane yang memimpin pertandingan menghentikan pertarungan. Ia kemudian mendekati Tyson untuk menanyakan insiden tersebut. Namun karena Tyson membantah, Mills Lane tidak melanjutkan lagi pertarungan dan menyatakan Holyfield sebagai pemenang.

Buntut pertarungan itu adalah tamatnya karir Mike Tyson di ring tinju. Otoritas tinju Nevada menjatuhkan hukuman bertinju untuk Holyfieil dan denda sebesar USD 3 juta.

2. Anthony Watts

Anthony Watts adalah seorang atlet Liga Rugby Australia. Jika, Suarez menggigit bahu dan Tyson menyasar telinga, maka Anthony Watts lebih parah lagi. Dalam sebuah pertandingan di Liga Gold Cost, Anthony Watts mengarahkan gigitannya ke arah penis pemain Bilambi Jets.

Anthony Watts sempat membantah, namun si korban melorotkan celananya di hadapan wasit dan menujukkan penisnya yang terkena gigitan Watts. Karena terus membantah kasus itu dibawa ke Peradilan Liga Rugby Gold Coast. Hasilnya, berdasarkan rekaman pertandingan, staf media dan offisial pertandingan, Anthony Watts dinyatakan bersalah.

3. Yohann Le Roux (Rugby Afrika Selatan)

Pemain Rugby lain yang pernah melakukan hal serupa adalah Yohann Le Roux di Liga Rugby Afrika Selatan. Perbuatan Le Roux nyaris sama dengan Tyson. Saat melakukan ujicoba internasional menghadapi Selandia Baru, Le Roux menggigit Sean Flitzpatrick.

Offisial pertandingan tidak melihat kejadian tersebut. Namun sial bagi Le Roux, karena aksi gigitnya terekam kamera. Alhasil, Le Roux dihukum dengan larangan 18 bulan tak bertanding.

4. Peter Filandia (Australian Rules Football)

Selain Anthony Watts, ada lagi seorang atlet Australia yang terkena kasus menggigit lawan. Dia adalah Peter Filandia yang merupakan atlet Australian Rules Football atau sepakbola khas Australia.

Saat itu Filandia yang memperkuat Springvale d Melbourne menghadapi Port Melbourne di tahun 2012. Di tengah pertandingan, Filandia diduga menggigit kantung kemih Chad Davis, salah seorang pemain lawan. Akibatnya Otoritas Australian Rules menjatuhkan hukuman 10 pertandingan kepada Filandia.

5. Kevin Yates (Rugby)

Rugby sepertinya paling sering melahirkan atlet menggigit. Selain Anthony Watts, Yohann Le Roux, ada satu lagi atlet Rugby yang terkenal karena gigitannya.

Dia adalah Kevin Yates. Pada 1998, Kevin Yates yang memperkuat Bath bertanding menghadapi London Scottish. Di tengah pertandingan, salah satu pemain London Scottis, Simon Fenn, mengalami cedera dan harus dirawat dengan 25 jahitan.

Simon Fenn tidak tahu siapa pelakunya. Tapi setelah dilakukan penyilidikan, pelaku mengarah kepada Kevin Yates yang kemudian mendapat hukuman 6 pertandingan. (JPNN)