Pembahasan persiapan PPDB online di SMAN 1 Kota Cilegon, Selasa (11/6).

CILEGON – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Banten tahun ini tidak terpusat pada satu website, melainkan pada website yang dimiliki oleh masing-masing sekolah.

Hal itu terungkap saat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten menggelar gladi PPDB dan menginstal aplikasi PPDB menggunakan server lokal di SMAN 1 Kota Cilegon, Selasa (11/6).

Kabid SMA Dindikbud Banten Rudi Prihadi menjelaskan hal itu dilakukan agar pelaksanaan PPDB online tahun ini bisa berjalan lebih lancar. “Pengalaman kalau tahun kemarin ada sedikit bermasalah di jaringan. Kita pelajari dan sikapi. Solusi yang kita dapatkan dengan memecah pendaftaran yang tercentral di satu website ke seluruh website milik sekolah,” papar Rudi.

Menurut Rudi, sekolah SMA/SMK negeri di Kota Cilegon siap menjalankan kebijakan tersebut karena secara infrastruktur website telah mumpuni. Selain itu, mengacu pada penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pun seluruh SMA/SMK negeri di Banten berhasil menyelenggarakannya.

Daftar via website sekolah, menurut Rudi, Pemprov Banten menilai perlu adanya gladi untuk memastikan operator sekolah siap menghadapi agenda tahunan pendidikan tersebut. “PPDB online dimulai dari 17 Juni sampai 22 Juni 2019. Operator harus memliki keterampilan mahami aturan, membaca data, agar tidak ada persoalan saat pelaksanaan PPDB online nanti,” paparnya. (Bayu Mulyana)