Daftar Tunggu 20 Tahun, Andika Hazrumy Akan Perjuangkan Kuota Haji Lebak

LEBAK – Anggota DPR RI Dapil Banten I, Andika Hazrumy berjanji akan memperjuangkan kuota haji di wilayah Kabupaten Lebak sebesar 10 persen dari jumlah penduduk 1,3 jiwa. Upaya tersebut, menyusul waiting list calon jemaah haji (calhaj) yang mencapai hingga 8.847 orang dan waktu yang tidak mencapai hingga dua puluhan tahun.

“Dari ratusan calon jemaah haji itu tak sedikit berusia sepuh. Bila harus menunggu lagi dalam waktu yang lama, kan kasihan mereka,” ujar Andika Hazrumy usai melepas jemaah haji di Pendopo Bupati Lebak Banten, Selasa (30/8/2016).

Andika yang juga bakal calon Wakil Gubernur Banten (Cawagub) berpasangan dengan Wahidin Halim ini menjelaskan, skema yang akan dilakukannya berupa melakukan pembahasan di Fraksi Golkar DPR RI, selanjutnya akan dibawa ke Komisi VIII.

“Perjuangannya sudah harus mengena pada sistem informasi haji terpadu (Siskohat). Selain menambah jumlah perbankan juga agar bisa menggunakan sistem online sebagaimana keinginan ibu Bupati Lebak, Oktavia Jayabaya,” tuturnya seraya menegaskan dirinya akan segera memfasilitasi kebutuhan ini dengan Dirjen Keimigrasian.

Senada dikatakan, anggota DPR RI Dapil Banten I, Muchamad Hasby Asyidiki Jayabaya. Menurutnya, disparitas kuota haji di kabupaten/kota menjadi perhatian pihaknya. “Kami akan segera menindaklanjuti sesuai dengan skema dan teknis sebagaimana penjelasan Aa (Andika Hazrumy,red),” kata dia singkat.

Sebelumnya Bupati Lebak, Iti Oktavia Jayabaya meminta Andika Hazrumy dan Muchamad Hasby Asyidiki Jayabaya selaku anggota DPR RI untuk memperjuangkan kuota haji yang dinilainya jauh dari harapan. Selain keterbatasan fasilitas perbankan, juga Siskohat haji yang tidak didukung sistem online.

“Makanya saya undang bapak-bapak anggota DPR RI ini agar memperjuangkan kuota haji agar tidak terlalu muncul disparitas antara kabupaten/kota di Banten. Dan jangan sampai Lebak terlalu ketinggalan dengan daerah lain, seperti Cilegon dan Serang yang fasilitas perbankannya lebih memadai,” tuturnya.

Sementara diketahui, sebanyak 321 dari 326 jemaah haji asal Kabupaten Lebak diberangkatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab), hari ini. Sisanya sebanyak lima jemaah, rencananya diberangkatkan pada 4 September 2016.

Pelepasan jemaah haji di Pendopo Bupati Lebak ini dihadiri oleh Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya, Wakil Bupati Ade Sumardi, Andika Hazrumy, Muchamad Hasby Asyidiki Jayabaya serta Muspida di Kabupaten Lebak. (red)