RANGKASBITUNG – Hingga Maret 2019 daftar tunggu jemaah haji di Lebak mencapai 12.233 orang atau berangkat sampai 2037. Meskipun begitu, tidak menyurutkan animo masyarakat untuk mendaftar.

Tahun 2019 ini tercatat sebanyak 427 warga yang mendaftar sebagai calon jemaah haji.

“Untuk daftar waiting list yang akan berngkat untuk ibadah haji tahun ini ada 609 orang. Jumlah ini belum ditambah oleh lansia, pendamping petugas TPIH dan petugas dari pemeribtah daerah,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian agama Kabupaten Lebak Humaedi Hakim, Selasa (12/3).

Dia mengatakan, mekanisme penentuan daftar calon haji yang dapat diberangkatkan sesuai jadwal tunggunya. Yaitu mereka yang telah terdaftar datanya di Kanwil Kemenag Banten. “Setelah itu dilakukan up date data maka akan diketahui nama-nama calhaj yang benar-benar akan diberangkatkan sesuai daftar tunggunya,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemberangkatan calon jemaah haji bukan kewenangan Kemenag Lebak yang menentukan. Pemberangkatan atau penentuan pemberangkatan jemaah haji masih menggunakan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). (Nurabidin)