Dahlan Iskan Didoakan Ustaz 2 M Viewer

DUKUNGAN: Ustaz Yusuf Mansyur bersama tim mengunjungi rumah Dahlan Iskan, Selasa (18/4) malam.

SURABAYA – Setelah Dahlan Iskan membacakan dupliknya Selasa (18/4), malamnya Ustaz Yusuf Mansyur dan timnya datang ke rumah Dahlan untuk memberikan dukungan. Tepat menjelang detik-detik tengah malam pukul 00.00 WIB, Ustaz YM, panggilan akrab Yusuf Mansyur, memimpin doa bersama untuk Dahlan dalam upayanya untuk mendapatkan keadilan.

Pada awal kunjungan yang lebih dari sejam itu, Ustaz YM lebih banyak bercerita kepada timnya mengenai hubungan dirinya dengan Dahlan. Termasuk ketika Dahlan pernah bermalam di pondok pesantrennya di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, yang membuat misteri karena pada pukul 03.00 WIB Dahlan menghilang. “Setelah dicari-cari, ternyata ditemukan tahlil sendirian di makam ayah saya,’’ ungkap Ustaz YM.

Dia juga bercerita mengenai kisah lama ketika keduanya sering intensif berdiskusi tentang cara menggerakkan ekonomi umat Islam, terutama di kalangan pesantren-pesantren besar. Kini, Ustaz YM memiliki perusahaan digital yang cukup besar dan terkenal yang disebut Paytren.

Valuasi sementara Paytren kini sudah lebih dari Rp1 triliun. Dalam dakwahnya, Ustaz YM memang getol memanfaatkan media sosial modern seperti Twitter dan YouTube. Viewer-nya kini hampir dua miliar orang, tepatnya 1,8 miliar.

Ustaz YM juga bercerita bahwa dirinya pernah diajak Dahlan nonton teater di Broadway, New York, yang malam itu mementaskan lakon The Book of Mormon yang sudah dimainkan setiap malam selama empat tahun. Ustaz YM yang pesantrennya sudah menghasilkan sangat banyak penghafal Alquran terus mengembangkan bisnisnya di berbagai sektor, termasuk perhotelan.

Sementara itu, siangnya, saat berada di halaman parkir Hokky, Dahlan berpapasan dengan satu keluarga yang mulai ayah, anak, sampai cucunya menjadi pendeta di Gereja Tabernakel, Surabaya. Pendeta Poo Gwan Sien yang tahun ini berusia 100 tahun secara spontan memanggil seluruh keluarganya untuk berkerumun di sekitar mobilnya dan mendoakan Dahlan secara Kristen.

Pendeta Poo Gwan Sien (Gershom Soetopo) mempunyai lima anak yang semua menjadi pendeta, termasuk anak perempuannya. Sebagian menantu dan cucunya juga menjadi pendeta. (JPG/Radar Banten)