Dahlan Iskan Didukung Pegiat Antikorupsi, Kejaksaan Panik

0
591 views
Mantan Ketua KPK Abraham Samad (tengah) bersama pengamat Komunikasi Politik Efendi Gazali dan Ekonom Faisal Basri. FOTO: Gunawan Wibisono/JawaPos.com

KEPALA Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Maruli Hutagalung dihinggapi rasa kegelisahan ketika anak buahnya yang sedang berhadapan dengan Dahlan Iskan di pengadilan, mendapat dukungan dari mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

Menurut Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Bonyamin Saiman mengatakan, sejatinya Maruli tidak perlu gelisah dengan hadirnya Abraham Samad.

Pasalnya tidak ada larangan bagi siapapun hadir di persidangan untuk memberikan dukungan.

“Semestinya kejaksaan tidak perlu kebakaran jenggot. Mestinya biasa aja karena tidak ada larangan untuk dukungan moral maupun dukungan politik,” ujar Bonyamin kepada JawaPos.com.

Lebih jauh Bonyamin menilai, tindakan Maruli aneh yang berkomentar ketus terhadap orang yang memberi dukungan kepada Dahlan Iskan.

Atas kondisi itu, Bonyamin menyebut Kejaksaan Agung (Kejagung) tidak percaya diri (pede) dalam menangani perkara restrukturisasi aset perusahaan daerah (Perusda) PT Panca Wira Usaha (PWU).

“Dengan kebakaran jenggot menujukan Kejagung tidak percaya diri, menunjukkan tidak yakin akan perkara yang ditangani,” katanya.

Sebelumnya, Kajati Jawa Timur, Maruli Hutagalung merespons dukungan sejumlah tokoh nasional kepada mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Dalam persidangan Dahlan Iskan diketahui dihadiri mantan Ketua KPK Abraham Samad, pakar ekonomi Faisal Basri, dan pakar komunikasi politik Effendi Ghazali.

Maruli mengkritik hadirinya Abraham Samad karena dinilai aneh menghadiri sidang Dahlan Iskan. (cr2/JPG)