Dalam Satu Tahun, Ribuan Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Banten

0
944 views

SERANG – Kecelakaan lalu lintas masih menjadi masalah besar, tidak hanya di Banten, namun di Indonesia bahkan dunia. Hal tersebut mengacu pada tingginya jumlah kecelakaan, di Banten saja, dalam satu tahun bisa terjadi ribuan kali kecelakaan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat mengisi sambutan dalam acara pencanangan Tahun Keselamatan di alun-alun Kota Serang, Minggu (30/7).

“Isu keselamatan lalu lintas sudah menjadi isu dunia, WHO mencatat 1,24 juta kecelakaan terjadi dengan menelan korban jiwa 4.400,” ujar Sigit.

Di Indonesia, lanjut Sigit, selama lima tahun terakhir korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 134 jiwa atau rata-rata setiap tahunnya sebanyak 74 jiwa.

“Di polda Banten, selama dua tahun terakhir jumlah kecelakaan meningkat khususnya di tahun 2015 dan 2016. Tahun 2015, terjadi 1.229 kasus, sedanhkan pada tahun 2016 terjadi 1.724 kasus,” kata Sigit.

Melihat angka tersebut, menurut Sigit semua pihak harus prihatin. Menurutnya, kecelakaan bisa berdampak sangat buruk baik bagi pengendara kendaraan motor, maupun masyarakat lain.

Dampak terbesar, bisa memyebabkan kematian, dampak lain yang juga berbahaya yaitu menyebabkan kecacatam atau kelumpuhan.

Untuk menekan angka kecelakaan tersebut, lanjut Sigit, sejumlah hal perlu dilakukan. Beberapa diantaranya yaitu perbaikan infrastruktur jalan, dan kepatuhan pengguna jalan terhadap rambu-rambu lalulintas. “Peduli terhadap keselamatan orang lain, itu yang paling utama,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)