Dampak Gempa, Pemkab Belum Terima Laporan Kerusakan Bangunan

0
188 views
Gempa Sumbar
Foto ilustrasi. (dok.Jawapos.com)

LEBAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak belum menerima laporan kerusakan bangunan akiibat guncangan gempa dengan kekuatan 5,2 skala richter (SR), tadi malam pukul 21.25 WIB. Lokasi gempa 7.42 Lintang Selatan-106.03 Bujur Timur atau 59 kilometer Barat Daya Bayah, Kabupaten Lebak, dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi membenarkan Lebak diguncang gempa tadi malam. Kata dia, belum ada laporan dari pemerintah desa dan kecamatan di Lebak selatan tentang kerusakan bangunan.

“Getaran gempa terasa di semua kecamatan di Lebak Selatan, sedangkan di wilayah Lebak Utara tidak terasa. Karena pusat gempa berada di wilayah laut Lebak selatan. Tepatnya di Barat Daya Bayah,” ungkapnya.

Ia mengaku telah menugaskan relawan bencana di tiap kecamatan untuk melakukan pemantauan di masing-masing kecamatan. Jika ada kerusakan akibat guncangan gempa maka harus segera dilaporkan kepada BPBD Lebak.

“Gempa di Lebak tidak berpotensi tsunami. Namun demikian kami imbau kepada masyarakat di pesisir pantai untuk tetap waspada dan patuhi setiap arahan dari pemerintah desa maupun kecamatan,” tukasnya.

Pada bagian lain, trauma karena tsunami pada akhir 2018 lalu, membuat masyarakat di wilayah pesisir Pandeglang mengalami kepanikan lantaran merasakan getaran gempa. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang Deni Kurnia meminta masyarakat tidak panik terkait gempa yang terjadi di wilayah Lebak  karena tidak berpotensi tsunami.

“Iya ada gempa memang, tetapi tidak berpotensi tsunami. Warga sebaiknya tidak panik dan tetap waspada. Apabila ada kemungkinan terjadi potensi lain yang membahayakan, akan langsung kami sampaikan,” katanya.

Guncangan gempa juga terasa di pusat Kota Serang. Gempa dirasakan beberapa detik oleh karyawan di Kota Serang yang masih bertugas di kantor. “Terasa gempa,” kata seorang karyawan di Kota Serang, Aas, tadi malam.

Kursi yang ia duduki pun bergoyang. Selain Aas, karyawan lainnya juga merasakan hal yang sama. Namun, guncangan itu tidak membuat karyawan panik.  (tur/air/alt/ags)